BARCELONA, KOMPAS.com - Gelandang Barcelona Xavi Hernandez menilai rekan timnya, Lionel Messi, pemain terbaik sepanjang masa. Menurut Xavi, hanya Messi yang bisa menciptakan kejutan seperti Luis Figo, ketika memutuskan meninggalkan Barca dan pindah ke Madrid pada 2000.

"Messi telah menjadi pemain terbaik dalam sejarah. Ia adalah yang terbaik dalam delapan tahun terakhir. Aku tak tahu orang lain seperti itu, mungkin Pele," ujar Xavi.

"Kepindahan Figo ke Madrid adalah kejutan. Ia adalah yang terbaik saat itu dan ia pindah ke rival abadi kami. Yang bisa menyamai itu saat ini adalah Messi pindah ke Real Madrid," lanjutnya.

Figo bermain untuk Barcelona sejak 1995 hingga pindah ke Madrid pada 2000. Pada 2005, Figo pindah ke Inter dan bermain di sana hingga gantung sepatu pada 2009.

Figo diduga pindah ke Madrid karena menginginkan kontrak bernilai finansial tinggi, yang tak diberikan Barcelona. Oleh karena itu, dalam sebuah kesempatan menghadapi Barcelona sebagai pemain Madrid, Figo dilempar kepala babi, yang merupakan simbol ketamakan, oleh suporter Barca.

Untuk Messi, ia telah menjadi bagian tim utama Barcelona sejak 2004 dan masih terikat kontrak hingga Juni 2018. Musim lalu, Messi sempat mengalami penurunan performa yang membuatnya diperkirakan akan pindah, dengan Paris Saint-Germain disebut-sebut sebagai calon klub barunya.