Keputusan pensiun Franck Ribery digugat oleh presiden UEFA sekaligus kompatriotnya, Michel Platini. Namun, Ribery menjelaskan bahwa keputusannya itu bisa diterima pelatih Prancis, Didier Deschamps.



Ribery, 31 tahun, mengumumkan pensiun dari timnas Prancis di musim panas ini atau hanya berjarak dua tahun dari gelaran Piala Eropa 2016 yang akan dihelat di negaranya. Winger Bayern Munich itu mengaku ingin fokus ke klub saja di sisa kariernya.

Keputusan tersebut mengejutkan Platini. Platini bahkan 'mengancam' Ribery bahwa dirinya bisa dijatuhi sanksi jika menolak panggilan negaranya untuk tampil di laga-laga internasional mendatang.

Perihal kisruh ini, bos Bayern Karl-Heinz Rummenigge menegaskan bahwa segalanya sudah dibereskan dengan Deschamps dan Ribery tidak akan menerima panggilan ke timnas lagi. Pernyataan yang dipertegas oleh Ribery.

"Aku sudah bilang aku akan pensiun dan itu juga disetujui oleh pelatih Prancis Didier Deschamps," ungkap Ribery kepada Die Welt.

"Di masa depan, saya ingin sepenuhnya fokus pada Bayern. Aku tidak tahu bagaimana aku bisa bilang berapa lama lagi. Pendirianku tidak akan berubah dan aku tidak peduli dengan semua politik yang ada di masalah ini," tegas dia.

Ribery mulai debut di skuat Les Bleus pada 2006 dan telah mengoleksi 80 caps dengan sumbangan 16 gol dan 20 assist.