Setelah dua tahun yang tak begitu sukses bersama Manchester United, Shinji Kagawa akhirnya kembali ke "rumah" yang membesarkan namanya, yakni Signal Iduna Park yang merupakan markas Borussia Dortmund.

Kepastian kepindahan Kagawa ini diumumkan oleh masing-masing klub di situs resminya, Minggu (31/8) malam WIB. Tak disebutkan berapa nilai transfernya meski media-media Inggris menaruh angka 6,25 juta poundsterling.

Kembali ke Dortmund, Kagawa diberi kontrak dengan durasi empat tahun hingga Juni 2018.

"Bermain di Premier League adalah mimpi saya namun saya senang bisa kembali lagi ke Dortmund," ujar Kagawa seperti dikutip Sky Sports.

"Ini adalah tim yang hebat, lingkungannya unik, dan Dortmund itu seperti keluarga. Saya senang mereka tidak pernah melupakan saya dan bisa kembali lagi ke sini," sambungnya.

Ya, apa mau dikata bahwa realita tak seindah apa yang diimpikan Kagawa. Bergabung dengan 'Setan Merah' di musim panas 2012, Kagawa tentu berharap performa okenya selama di Dortmund bisa membuat kariernya lebih menjulang.

Sayang cedera dan inkonsistensi penampilan membuatnya justru tak bersinar dan hanya mengumpulkan 57 penampilan serta bikin enam gol untuk MU.

Tahu bahwa kariernya akan kian terpuruk di bawah Louis van Gaal, Kagawa pun memutuskan kembali berseragam Die Borussen, klub yang pernah dibelanya selama dua musim dengan 71 penampilan dan 29 gol.