Sebelum akhirnya memilih gabung ke Bayern Munich, Xabi Alonso kencang diisukan akan kembali ke Premier League. Namun Xabi memilih menolak itu karena tak mau bikin sakit hati Liverpool dan fansnya.



Xabi selangkah lagi akan jadi pemain Bayern setelah ia menjalani tes medis di Munich dan Real Madrid pun sudah mencapai kata sepakat mengenai transfer yang diperkirakan senilai lima juta euro.

Keputusan yang terbilang mengejutkan mengingat Xabi sebenarnya baru memperpanjang kontrak pertengahan musim lalu, di mana ia diikat hingga 2016.

Meski demikian memang dalam beberapa pekan terakhir masa depan pesepakbola 32 tahun itu sedang dispekulasikan terkait kedatangan Toni Kroos musim panas ini.

Disebut Xabi akan kembali ke Premier League, karena sejumlah klub seperti Chelsea, Manchester United, dan Arsenal meminatinya. Sebuah pilihan yang boleh dibilang lebih menggiurkan ketimbang pindah ke Bundesliga.

Namun Liverpool jadi alasan mengapa Xabi menolak tawaran klub-klub di atas, karena ia tak bisa mengkhianati 'Si Merah' yang begitu memujanya selama ia berkarier di sana.

"Saya punya lima tahun yang sangat hebat di Liverpool dan saya ingin biarkan itu menjadi sebuah kenangan. Bayern Munich meminati saya dan ini keputusan yang tepat," tutur Alonso dalam konferensi pers perpisahannya dengan Madrid.

Alonso bermain di Liverpool sedari 2004 hingga 2009 dan menyumbang satu titel Liga Champions serta Piala FA.