Keberhasilan Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014 ternyata memengaruhi sikap Miroslav Klose soal masa depannya di timnas. Klose mengaku belum akan pensiun andai negaranya tak jadi kampiun.

Piala Dunia 2014 menjadi turnamen terakhir yang diikuti Klose bersama Jerman. Di turnamen itu, dia mengemas dua gol sekaligus menahbiskan diri sebagai top skorer sepanjang masa Piala Dunia dengan koleksi 16 gol. Striker 36 tahun itu juga membantu Die Mannschaft meraih trofi Piala Dunia yang keempat dengan mengalahkan Argentina di final.

Sekitar sebulan setelah Piala Dunia berakhir, Klose mengumumkan pengunduran dirinya dari tim nasional. Dia sampai saat ini masih tercatat sebagai top skorer sepanjang masa Jerman dengan sumbangan 71 gol dalam 137 pertandingan.

"Saya benar-benar merasa sedikit mual ketika saya berpikir bahwa saya hanya akan menonton dari tribune," ujar Klose kepada surat kabar Die Zeit.

"Bagi saya, sangat tidak mudah untuk melepaskannya," kata pemain yang kini membela Lazio itu.

Klose sebenarnya masih ingin terus membela Jerman. Akan tetapi, kesuksesan di Piala Dunia membuatnya berubah pikiran.

"Saya sebenarnya ingin terus bermain selama badan saya mengizinkan. Namun, setelah kami juara di Brasil, saya menyadari bahwa lebih baik saya pensiun sebelum kondisi saya menurun," tuturnya.

Klose yakin lini depan Jerman akan tetap tajam meski dirinya tak lagi memperkuat tim nasional. Dia menyebut beberapa nama yang berpotensi jadi penerusnya.

"Jerman tak punya masalah di lini serang. Mario Gomez akan kembali dan dia adalah pengganti yang sepadan untuk saya," katanya.

"Mario Goetze dan Thomas Mueller akan memegang peran kunci di tim ini selama bertahun-tahun dengan talenta besar yang mereka punya. (Pelatih) Joachim Loew punya begitu banyak alternatif di lini serang," ujar Klose.

POSTED BY : BANDAR BOLA