Hasil pahit ditelan Borussia Dortmund di pekan pertama Bundesliga 2014-15. Menjamu Bayer Leverkusen di Signal Iduna Park, Dortmund justru bertekuk lutut dengan skor 0-2, Minggu (24/8) dinihari WIB.

Tampil di depan pendukungnya sendiri, Dortmund tampil lebih dominan. Dicatat ESPN, pasukan Juergen Klopp itu memiliki 58 persen penguasaan bola tapi hanya empat dari 11 tembakannya mengarah ke gawang.

Di seberang kubu, Leverkusen justru lebih mengancam. Dengan 42 persen penguasaan bola, Die Werkself memiliki dua tembakan ke arah gawang yang kesemuanya menjadi gol.

Leverkusen hanya butuh beberapa detik untuk membuka skor berkat Karim Bellarabi untuk mempertahankan keunggulan sampai turun minum. Stefan Kiessling mencetak gol kedua di detik-detik akhir laga untuk memastikan kemenangan Leverkusen.

Leverkusen menggebrak. Kurang dari 10 detik dari kickoff, Leverkusen memimpin 1-0. Dari serangan cepat, operan Sebastien Boesnich diterima Karim Bellarabi yang kemudian mengecoh Matthias Ginter sebelum menaklukkan Mitchell Langerak.

Di menit ke-11, Leverkusen hampir memperbesar keunggulannya. Dari situasi sepak pojok, Stefan Kiessling menanduk bola dari tengah kotak namun melebar tipis dari gawang Dortmund.

Dortmund terus mencoba menyamakan skor. Sebuah peluang terlewatkan setelah lini belakang Leverkusen membuat kesalahan dengan membuang bola yang jatuh di jalur Ciro Immobile. Namun, saat pemain Dortmund itu hendak mengoper kepada rekannya, buru-buru diamankan.

Leverkusen tidak memberikan kesempatan Dortmund mengembangkan permainan. Serangan-serangan yang dibangun tim tuan rumah mentah. Skor 1-0 untuk keunggulan Leverkusen di babak pertama.

Usai turun minum, sebuah peluang diperoleh Leverkusen di menit ke-53. Operan Kiessling kepada Son Heung-min di dekat tiang, namun sebelum bisa dieksekusi Lukas Pizczek buru-buru menghalau.

Serangan balasan Dortmund 10 menit kemudian. Diawali dari kerjasama dengan Mikhtaryan, Immobile berhasil merangsek hingga garis gawang. Sayang sekali, Pierre-Emerick Aubameyang gagal menjangkau operan Immobile.

Hingga lima menit menjelang bubaran, Dortmund masih buntu untuk mencetak gol balasan. Berbagai serangan coba dilancarkan mentah dipatahkan barisan belakang tim tuan tamu. Dortmund masih tertinggal 0-1.

Kiper Bernd Leno membuat dua penyelamatan di menit-menit akhir dari sundulan Matthias Ginter yang sempat menyentuh tanah sebelum memantul ditangkap si kiper. Kemudian dari tendangan bebas.

Di masa injury time, Aubameyang yang memiliki ruang tembak di sisi kiri melepaskan sepakan ke arah tiang dekat. Akan tetapi, Leno menjatuhkan diri untuk menghalau bola yang menghasilkan sepak pojok.

Saat pertandingan memasuki detik-detik akhir, Kiessling menjebol gawang Dortmund untuk mengubah skor menjadi 2-0. Striker jangkung itu meneruskan umpan Bellarabi dengan tendangan cukil yang melewati Langerak sebelum masuk gawang.

POSTED BY : BANDAR BOLA