Tim Howard akhirnya membuat keputusan terkait masa depannya di tim nasional Amerika Serikat. Kiper Everton tersebut mengumumkan akan rehat dari sepakbola internasional sampai September 2015.

Howard, 35 tahun, mulai mempertimbangkan masa depannya seusai gelaran Piala Dunia 2014. Di turnamen itu, ia sukses meloloskan negaranya dari babak grup sebelum AS dihentikan Belgia di babak 16 Besar.

Keputusan untuk istirahat membela timnas AS akhirnya dibuat Howard setelah berdiskusi dengan pelatih Juergen Klinsmann. Howard mengaku ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya.

"Sudah bermain di luar negeri dalam 12 tahun terakhir dan banyak kehilangan waktu bersama keluargaku, komitmen ini kepada keluargaku adalah hal yang sangat penting untukku saat ini," bunyi pernyataan Howard yang dikeluarkan oleh Federasi Sepakbola AS.

"Aku bersyukur atas kesediaan dari baik Juergen Klinsmann dan manajer Everton Roberto Martinez yang memberiku kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama anak-anakku," katanya yang dikutip Sky Sports.

"Ini adalah keputusan tepat di waktu yang tepat. Juergen selalu bilang kepada para pemain untuk mengatakan bahwa Anda harus mendapatkan tempat Anda, yang mana sesuatu yang aku sepakati. Jadi aku menantikan untuk kembali pada musim gugur berikutnya untuk bersaing merebut satu tempat di skuat."

Howard telah mengoleksi 104 caps bersama timnas dan tampil di tiga Piala Dunia. Dengan keputusan ini maka bekas kiper Manchester United itu akan absen di turnamen Piala Emas yang digelar pada musim panas tahun depan.

POSTED BY : BANDAR BOLA