Pelatih tim nasional Indonesia U-23 Aji Santoso merasa yakin pasukannya akan bisa lolos dari babak grup di ajang Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

Dari pengundian beberapa jam lalu, Kamis (21/8/2014), dari 8 grup Indonesia masuk Grup E bersama Thailand, Timor Leste, dan Maladewa. Juara dan runner-up grup berhak tampil di babak 16 besar.

"Mau lawan siapapun, kami harus siap. Karena memang persiapan kami saat ini berbeda, komposisi berbeda dan materi tim juga berbeda. Ya kami harus tetap optimistis," ungkap Aji ketika dihubungi.

"Jadi menurut saya peluang sebenarnya merata. Tapi kalau melihat saat ini, peluang cukup besar untuk kami bisa lolos," tambahnya.

Terkait lawan-lawan di Grup E, Aji memiliki penilaian sendiri. Thailand misalnya, bisa dibilang menjadi lawan terberat mengingat ketika masih menjabat menjadi asisten pelatih di SEA Games lalu, timnya mengalami kekalahan.

Tapi menurutnya, dengan kondisi timnya saat ini dia yakin pasukannya tampil lebih maksimal. Dia juga akan meminta bantuan kepada tim High Performance Unit (HPU) untuk melakukan pemantauan terhadap calon-calon lawan lainnya.

"Saya ini pelatih yang tidak percaya sejarah. Kalau kemarin kita kalah misalnya, semua kondisi bisa berubah. Justru ini membuat kami berjuang bagaimana untuk memenangkan pertandingan.

"Sekarang fokusnya bagaimana tim HPU juga bisa melakukan pemantauan terhadap calon-calon lawan ini. Tidak harus saya yang mencari. Tim HPU kan dibentuk untuk membantu kami mencari data," kata Aji.

Asian Games digelar 19 September sampan 4 Oktober 2014. Cabang sepakbola mulai dimainkan pada 14 September, dan finalnya 3 Oktober.

POSTED BY : BANDAR BOLA