Para pemain Bayern Munich melakukan selebrasi dengan mengangkat trofi Bundesliga (foto: Reuters)

Raksasa Bavarian, Bayern Munich berhasil menuntaskan Bundesliga di spieltag (pekan) terakhir dengan kemenangan. Kendati demikian, Die Roten harus susah payah menaklukkan Stuttgart dengan 1-0.

Menurunkan skuad terbaik sejak menit awal, plus jersey terbaru mereka, pasukan Josep Guardiola cukup kesulitan menembus gawang tim yang baru saja aman dari zona degradasi. Bahkan butuh pemain pengganti, Claudio Pizarro yang masuk menggantikan Mario Mandzukic untuk menjebol gawang Sven Ulreich.

Gol yang dicetak Pizarro sendiri terjadi di penghujung laga, pada menit ke-90+3, tendangan kaki kirinya dari kotak penalti mengarah ke sudut kanan bawah gawang Ulreich. Dengan skor 1-0 ini, maka Bayern menutup musim dengan meraih 90 poin, hasil dari 28 kemenangan, tiga kali imbang, dan menelan dua kekalahan.

Sementara itu, runner up Bundesliga, Borussia Dortmund berhasil pesta gol di Olimpiastadion Berlin, markas Hertha Berlin. Gol-gol Die Borussen dicetak oleh sepasang Robert Lewandowski pada menit ke-41 dan 81, Milos Jojic menit 44, dan Henrikh Mikhitaryan menit ke-82.

Dengan tripoin yang didapat anak-anak asuhan Jurgen Klopp ini, maka Dortmund finis dengan raihan 71 poin, hasil dari 22 kemenangan, lima hasil seri, dan tujuh kali menelan kekalahan.

Bayern dan Dortmund bakal menjadi wakil Jerman yang lolos langsung ke penyisihan grup Liga Champions musim depan, dan akan ditemani Schalke yang berhasil finis di posisi tiga mengalahkan Bayer Leverkusen yang harus mengikuti kualifikasi Liga Champions, lantaran hanya menempati posisi keempat.

Sementara kita bisa ucapkan Auf Wiedersehen atau Selamat Tinggal kepada Hamburg, Nurnberg, dan Entracht Braunschweiger yang harus turun kasta ke posisi The 2 Bundesliga pada musim depan, setelah menempati posisi tiga terbawah.