Pep Guardiola sangat senang dengan prestasi di tahun perdana membesut Bayern Munich. Guardiola mengaku tidak mudah menggantikan posisi Heynckes.

Guardiola kembali menambah koleksi gelar. Kali ini, pelatih asal Spanyol itu membawa Die Roten, julukan Bayern, juara di DFB-Pokal dengan mengalahkan Borussia Dortmund 2-0, pekan kemarin.


Reaksi Pep Guardiola setelah menjadi juara. (Foto: Reuters)

Ini merupakan gelar kedua Die Roten di musim ini, setelah sebelumnya berhasil mempertahankan gelar Bundesliga. Total, Guardiola sudah mengoleksi empat gelar bersama Die Roten. Sebelumnya, Guardiola membawa Bayern juara di UEFA Super Cup dan Piala Dunia Antar klub.

Sejauh ini, Guardiola sudah mengumpulkan 18 gelar juara sejak ditunjuk menjadi pelatih di Barcelona. Di mana 14 gelar lainnya diraih oleh Guardiola saat melatih di Camp Nou. Mantan jebolan La Masia itu mengaku tidak mudah melatih di Bayern.

“Ini adalah tahun kelima saya sebagai pelatih professional, atau yang keenam secara keseluruhan sebagai pelatih,” ujar pelatih 43 tahun itu, sebagaimana diberitakan Soccerway, Minggu (18/5/2014).

Guardiola sudah enam tahun menjadi pelatih. Diawali karier sebagai pelatih tim Barcelona B. Kemudian, Guardiola dipromosikan ke tim utama sebagai pelatih menggantikan posisi Frank Rijkaard.

“Satu tahun saya melatih di tim kedua Barcelona. Setelah empat tahun bekerja sebagai pelatih di tim utama Barcelona, ini menjadi momen penting dan menantang dalam karier kepelatihan saya,” kata Guardiola.

“Bahasa Jerman saya tidak terlalu bagus, jadi saya harus selalu meyakinkan pemain. Setelah Bayern memenangkan tiga gelar juara tahun lalu sama sekali tidak mudah,” tambahnya.