Selalu tak mudah menggantikan sosok pelatih yang pernah membawa suatu tim sukses, dan itu terbukti saat Manchester United tampil buruk musim ini dibawah arahan David Moyes, setelah menggantikan Sir Alex Ferguson.

Namun bukannya mendapatkan hasil yang sama, Josep ‘Pep’ Guardiola justru mampu meneruskan kejayaan Bayern Munich, pasca meneruskan tampuk kursi kepelatihan dari Jupp Heynckes. Meski akhirnya tak mampu meraih kembali treble winner, Die Roten tetap dapat meraih double winner saat meraih gelar Bundesliga dan DFB-Pokal.

Pujian pun dilontarkan Pep kepada Philipp Lahm dkk yang telah menunjukkan mental dan rasa lapar untuk selalu meraih gelar, meski telah memenangkan treble tahun lalu.

“Saya sangat bangga dengan para pemain saya, karena dapat fokus tiap minggu saat bertanding. Musim ini tidak mudah, terutama secara mental, jika Anda telah memenangkan segalanya yang Anda inginkan sebagai pemain, terkadang segalanya dapat menjadi sulit untuk terus memberikan segalanya di musim selanjutnya,” puji Pep kepada FCB.TV, Kamis (29/5/2014).

Pep juga membahas perpanjangan kontrak yang diterima pemain veteran tim, Claudio Pizarro yang kini berusia 35 tahun. Ia sangat puas dengan perpanjangan tersebut, karena menilai sosok penyerang asal Peru itu, sebagai pemain yang berpengalaman dan memiliki kualitas kapanpun diturunkan.

“Perpanjangan kontrak merupakan keinginan kedua belah pihak, Saya sangat, sangat bahagia karena Claudio pemain spesial berpengalaman. Claudio mengenal Bundesliga luar-dalam, ia pemain hebat dan berkualitas. Pada dua tiga bulan terakhir, ia bermain sangat baik,” tambah Pep.