Kepastian soal bertahan atau tidaknya Mario Mandzukic di Bayern Munich akhirnya terjawab, setelah sang pemain memutuskan pergi dari klub yang bermarkas di Allianz Arena tersebut.

Ya, bomber berpaspor Kroasia itu ternyata bukan pergi karena kedatangan Robert Lewandowski yang juga bermain di posisi yang sama dengannya. Namun ia pergi karena merasa tidak cocok dengan gaya bermain yang diterapkan Josep ‘Pep’ Guardiola saat ini.

“Momen saya di Bayern sangat fantastis, ini merupakan klub fantastis. Benar, belakangan saya bahkan tidak memikirkan untuk pergi dan pemikiran ini terjadi sekarang. Jujur, gaya bermain yang diinginkan Guardiola di Bayern, tidak cocok dengan saya,” ucap Mandzukic kepada Sportske Novosti, Senin (9/6/2014).

“Pada leg pertama melawan Real Madrid di Santiago Bernabeu (Liga Champions), saya benar-benar memahaminya, tidak peduli berapa banyak saya mencoba, saya tetap tak dapat menampilkan performa terbaik dengan gayanya. Dan jika sudah seperti ini, saya tak merasa baik dan yang terbaik adalah berpisah,” sambungnya.

Ucapan perpisahan pun turut disampaikan penyerang berusia 28 tahun yang memiliki work rate tinggi itu kepada fans dan klub yang dibelanya sejak tahun 2012 itu.

“Terima kasih untuk klub yang menawarkan perpanjangan kontrak, terima kasih untuk Guardiola yang merupakan pelatih hebat dan saya harap semuanya yang terbaik untuk masa depan. Bayern dan fansnya akan selalu menjadi hal terindah dan momen emotional dalam karier saya. Sudah waktunya untuk tantangan baru,” tambahnya.