Berakhir sudah cerita kapten tim nasional (timnas) Jerman, Philipp Lahm membela panji-panji negaranya di kompetisi Internasional. Lahm secara resmi pensiun dari timnas senior Der Panzer, Jumat (18/7/2014).

Lahm memang telah mengakhiri kariernya di tim Panser dengan sebuah kenangan manis. Pemain Bayern Munich itu meninggalkan ban kapten milikinya dengan sebuah raihan gelar juara dunia di Piala Dunia Brasil 2014.


Lahm mengawali debut dengan timnas Jerman pada Februari 2004, tepatnya di laga Jerman kontra Kroasia dan bermain selama 90 menit. Lahm juga merupakan bagian dari tim yang berangkat ke Euro 2004 di Portugal. Sejak itu, media-media Jerman menyebut dirinya adalah masa depan tim Panser.

Pada tahun 2010, Lahm dipercaya oleh pelatih Der Panzer saat itu, Jurgen Klinsmenn menjadi kapten tim. Keputusan ini tak terlepas dari absennya Michael Ballack dari turnamen empat tahunan akibat cedera.

Selama 10 tahun dirinya merajut cerita bersama Die Mannschaft, Lahm telah bermain di 113 laga internasional dan mencetak 5 gol. Prestasi terbaiknya sebagai seorang punggawa timnas dan kapten adalah pada Piala Dunia Brasil 2014.

Sebelumnya pada tahun 2008, Lahm juga membawa Jerman mengakhiri kompetisi Euro 2008 dengan sebagai runner up.

Namun disamping keputusannya untuk pensiun di usia 30 tahun, banyak pihak menilai keputusannya terlalu cepat. Memang, dengan usia yang baru saja menginjak kepala tiga bukanlah waktu yang tepat untuk mengakhiri karier internasional.

Apalagi belum ada pemain dengan karakteristik yang sesuai untuk menggantikan peran dan kepemimpinan Lahm di Der Panzer. Namun, sosok Manuel Neuer bisa menjadi pengganti peran Lahm di masa yang akan datang di timnas senior Jerman.

Berikut ini beberapa update dari media sosial twitter yang mengkonfirmasi kabar ini.


SUMBER