Tim nasional Jerman memang menyudahi Piala Dunia dengan membawa pulang trofi Piala Dunia. Namun ternyata, momen tersebut dijadikan saat yang pas untuk Philip Lahm mengundurkan dari skuad Der Panzer.

Pengunduran Lahm dari skuad Jerman memang tergolong mengejutkan, terutama dengan apa yang dialami rekan setimya, Lukas Podolski. Penyerang Arsenal itu juga mengatakan keterkejutannya, setelah Lahm memberitahunya secara personal.


Lukas Podolski bersama Philipp Lahm dan Thomas Muller (foto: Reuters)

“Philipp Lahm menelpon saya pagi ini (waktu setempat) dan secara pribadi mengabarkan keputusannya untuk pensiun dari timnas. Saya sangat cepat menyadari bahwa tak ada gunanya untuk membujuknya balik ke timnas,”ucap Podolski seperti dilansir Sportsmole, Sabtu (19/7/2014).

Menyusul kabar yang menghampiri dirinya, Podolski langsung mengucapkan rasa hormatnya terhadap pemain yang telah membela Jerman sejak sepuluh tahun silam. Dan Piala Dunia Brasil, menjadi waktu yang tepat untuk pensiun.

“Respek untuk Philipp. Akan selalu mengenang momen hebat yang kita bagi, untuk Jerman dan Bayern,”kicau Podolski. Tak hanya statement, Podolski juga memposting foto kebersamaannya dengan Lahm di Instagram.

Selama bermain untuk timnas, Lahm telah mengemas 113 caps dan menyumbangkan lima gol. Dia juga menjadi pemain yang serba bisa. Lahm yang berposisi sebagai bek sayap kiri ini, bisa bermain di posisi bek kanan dan gelandang bertahan.