Mantan pelatih Real Madrid, Bernd Schuster memuji pergerakan Bayern Munich yang mendatangkan Xabi Alonso ke Allianza Arena. Bahkan Schuster menilai sosok Alonso lebih dibutuhkan oleh Die Roten daripada Toni Kroos yang hijrah ke Madrid.

Alonso dan Kroos seperti bertukar tempat di kedua tim. Kroos lebih dulu berpindah tim pada musim panas ini setelah Madrid membayar 25 juta Euro ke juara bertahan Bundesliga itu. Sedangkan Alonso hanya berbanderol 10 juta Euro saat memutuskan untuk berseragam Bayern.


Bernd Schuster (Foto: Reuters)

Walau tak ingin menyebutkan siapa yang lebih baik di antara kedua pemain tersebut, Schuster mengaku lebih menyukai Alonso. Eks-pelatih tim nasional Jerman itu menilai Alonso memiliki karakter bermain yang saat ini dibutuhkan oleh tim arahan Pep Guardiola.

“Anda tidak bisa menilai Alonso atau Kroos yang lebih bagus. Toni memiliki karakter lebih menyerang, jika mereka bermain bersama akan luar biasa. Anda harus melihat apa yang dibutuhkan tim saat ini dan Bayern lebih membutuhkan Alonso ketimbang Kroos,” ujar Schuster, seperti dilaporkan Goal, Senin (1/9/2014).

Pria berusia 54 tahun ini juga menilai bahwa gaya bermain Pep saat masih merumput tak jauh berbeda dengan yang dilakukan Xabi saat ini. “Pep seperti membeli kembarannya bersama dengan Xabi. Pep biasa bermain di posisi dan gaya bermain yang sama. Keduanya begitu piawai bermain di depan pertahanan dan memiliki tujuan mempertahankan penguasaan bola,” lanjut pria yang pernah berseragam Barcelona itu.