Kekalahan menyesakkan 0-2 Arsenal dari Borussia Dortmund akhir pekan lalu, kembali memanen isu soal posisi Arsène Wenger di atas geladak kepelatihan. Nama Jürgen Klopp pun dianggap jadi sosok yang klop atau pas sebagai suksesornya.

Sejumlah kicauan Gooners – fans fanatik Arsenal, yang menyiratkan tujuan “menggoyang” posisi The Professor, mulai bermunculan. Nama Klopp paling sering disebutkan selain calon-calon lain macam Josep ‘Pep’ Guardiola dan Diego Simeone, jika Wenger akhirnya turun takhta.


Jurgen Norbert Klopp (Foto: Ralph Orlowski/REUTERS)

“Dengan uang (dari manajemen) dan prestise di Arsenal, Klopp bisa membawa kami mnejadi tim terbaik di dunia,” kicau salah satu Gooners, Jack Crutcher via akun @politicojac

“Klopp HARUS menggantikan Wenger ketika waktunya tiba. Dia akan klop dengan SEMPURNA,” tulis fans lainnya, Liam Kenny lewat akun @LiamDKenny.

“Saya ingin #Klopp menggantikan #Wenger kapanpun dia memutuskan untuk pensiun. Hal ini akan jadi hal luar biasa #Arsenal #AFC #Gunners #BVB #ForeverGooner,” ungkap pemilik akun @ForeverGoonerFC.

Beberapa cuitan di atas hanya “secuil” dari sejumlah besar kicauan yang menginginkan adanya reshuffle kepelatihan. Akan tetapi, meski dianggap akan pas, arsitek Dortmund itu mengaku belum pantas menyamai sisi elegan maupun kapasitas Wenger.

Salah satu faktornya diperlihatkannya ketika memimpin Die Schwarzgelben di pinggir lapangan, di mana Klopp hanya mengenakan sweater berwarna kelabu, sedangkan Wenger mengenakan jas nan elegan, lengkap dengan kemeja dan dasi.

“Jas saya belum siap dan hal terakhir yang ada dalam pikiran saya soal pertandingan adalah soal apa yang saya kenakan. Akhirnya saya hanya mengenakan pakaian seadanya. Ini bukan pernyataan politis,” tutur Klopp kepada Bild.

“Saya masih sangat jauh jika ingin membandingkan diri dengan sosok seluar biasa dia (Wenger). Dia bisa bicara dengan banyak bahasa ketimbang saya. Figur sepertinya biasa minum anggur berkelas, sementara saya hanya bir,” tuntas pelatih kelahiran Stuttgart kelahiran 47 tahun silam itu.