Pelatih tim nasional Jerman, Joachim Low, menegaskan bahwa pihaknya akan kehilangan sosok Per Mertesacker, Miroslav Klose, dan Philipp Lahm. Low menganggap mereka sebagai pemain yang sangat penting dan tak tergantikan.

Ketiga pemain tersebut bahu membahu membantu Die Mannschaft merengkuh trofi Piala Dunia 2014 di Brasil, Juli lalu. Namun usai turnamen tersebut mereka semua memutuskan pensiun dari kancah internasional.

Lahm merupakan kapten yang mengantar timnya menjadi juara dunia. Klose menjadi top skor sepanjang masa di Piala Dunia setelah memecahkan rekor bomber Brasil, Ronaldo Luis Nazario de Lima. Sedangkan Mertesacker adalah defender yang berpengalaman dengan koleksi lebih dari 100 caps.

"Ketiga pemain itu sangat penting bagi kami. Mereka semua karakter yang telah memberikan kontribusi besar di dalam skuad dan bisa membawanya ke atas lapangan," ucap Low dilansir situs resmi FIFA, Kamis (9/10/2014).

"Dalam dunia sepakbola kehilangan ketiga pemain itu adalah pukulan besar. Per Mertesacker adalah elemen yang membuat stabil pertahanan. Miro mencetak sejumlah rekor gol dan Philipp Lahm selalu konsisten bermain di level kelas dunia selama sepuluh tahun. Kami pasti akan merindukan mereka," pungkasnya.