Pelatih Borussia Dortmund, Jurgen Klopp sependapat dengan pelatih rival timnya, Josep Guardiola yang mengeluhkan jadwal padat Bundesliga. Ada sejumlah tim Bundesliga yang harus melakoni tiga laga dalam sepekan.

Saat itu Guardiola mengatakan bahwa jadwal padat sepakbola modern bukan hanya mencederai tetapi juga membunuh para pemainnya. Ambisi merengkuh trofi bukan tak mungkin hanya akan berakhir mimpi, bila di tengah kompetisi para pemain andalan justru menepi akibat cedera.

Sementa bagi Klopp, jadwal padat seperti sepakbola modern saat ini bisa mempersingkat usia para aktor lapangan hijau. Pelatih Jerman itu berpendapat bukan tak mungkin dalam satu dekade ke depan tak ada lagi pesepakbola yang mampu berlari di usia 35 tahun.

“Dalam waktu 10 tahun, tidak akan ada lagi pemain yang bermain di usia 35 tahun. Mantan pemain di posisi penting terkadang lupa bagaimana kerasnya karier mereka sebagai pesepakbola. Kami harus mengembalikan semuanya seperti semula,” tutur Klopp, seperti dilansir Bild.

“Kami akan menghadapi Euro 2016 di mana ada 26 tim yang akan bertanding. Sejumlah orang berpikir ini merupakan ide yang bagus (antusias). Tetapi ini tidak masuk akal,” tuntasnya.