Pensiun di usia emas sempat terlintas di pikiran gelandang Juventus, Andrea Pirlo. Kegagalan meraih trofi Liga Champions 2005 saat masih membela AC Milan, menjadi penyebabnya.

Partai final Liga Champions yang berlangsung di Istanbul sembilan tahun silam menjadi pengalaman pahit Pirlo sepanjang kariernya.

Bagaimana tidak, Milan menyerah dari The Reds, usai memimpin tigal gol lewat sepasang gol dari Hernan Crespo dan Paolo Maldini. Keunggulan tiga gol tersebut tak tergoyahkan setidaknya hingga interval babak pertama.

Tapi tiga gol dari Steven Gerrard, Vladimir Smicer, dan Xabi Alonso dalam durasi enam menit membuat Liverpool memaksa pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu serta adu penalti.

Milan yang sempat menyentuh trofi si Kuping Besar di babak pertama, harus gigit jari ketika melihat trofi tersebut digenggam oleh pasukan Rafael Benitez, setelah menang dalam drama adu penalti dengan skor 3-2.

Dalam kutipan otobiografinya yang berjudul 'I Think Therefore I Play', Pirlo mengatakan sempat tercetus untuk pensiun usai kekalahan menyakitkan di Isnbul.

“Saya sempat berpikir tentang pensiun, setelah hasil mengecawakan di Istanbul, itu tidak masuk akal lagi. Final Liga Champions tahun 2005 hanya mencekik saya,” ucap PIrlo seperti dilansir Soccerway, Selasa (15/4/2014).

"Untuk kebanyakan orang, alasan kami kalah adu penalti karena Jerzy Dudek. Tapi dalam waktu yang nyata, kalimat itu menyakitkan dan menyadari bahwa kami sepenuhnya harus disalahkan,” lanjut gelandang berusia 34 tahun itu.

“Bagaimana itu terjadi saya tidak tahu, tapi kenyataan tetap mengatakan bahwa ketika hal yang mustahil bisa menjadi kenyataan. Dalam hal ini, seluruh tim ingin bunuh diri massal di mana kami semua bergandengan tangan dan melompat dari Bosphorus Bridge (salah satu jembatan di Isntanbul),” papar Pirlo.

Namun dua tahun kemudian raksasa Serie A itu berhasil membalas dendam, setelah berhasil mengalahkan Liverpool 2-1 di final Liga Champions 2006-2007, sekaligus menandakan trofi bergengsi itu untuk ketujuh kalinya bagi Rossoneri.