Lima pertandingan tak terkalahkan AC Milan belakangan ini di Serie A, tak menutup permainan inkosisten I Rossoneri yang ditunjukkan di awal dan pertengahan musim ini. Atas penampilan tak menentu itu, legenda Milan, Paulo Maldini menyerukan kepada Milan untuk menginvestasikan pemain muda.

Ya, memang pemain-pemain muda tak dapat langsung menjadi pemain penentu sebuah tim dalam kompetisi. Namun, untuk kesuksesan jangka panjang, sebuah tim yang berhunikan pemain-pemain dari produk lokal sangatlah penting.

Maldini sendiri juga merupakan pemain muda akademi Milan yang memulai debutnya untuk tim senior di tahun 1985. Setelahnya, ia melanjutkan karir hingga tahun 2009 dengan total 647 pertandingan dan 29 torehan gol.

Ia tak ingin Milan saat ini, hanya mengandalkan pembelian pemain-pemain bernilai tinggi dan berstatus bintang. Menurut Maldini, keseimbangan antara tim utama dan tim muda sangat diperlukan.

“Untuk memberikan filosofi sebenarnya kepada anak muda, Anda harus merencanakan setidaknya untuk lima tahun dan itu membutuhkan kesabaran. Anda tak dapat hanya berinvestasi kepada tim utama. Anda harus memiliki keseimbangan di tim utama dan tim muda untuk kesuksesan jangka panjang,” ucap Maldini kepada Goal, Rabu (16/4/2014).

“Ide-ide berbeda telah diterapkan di Eropa dalam menghabiskan uang untuk menciptakan perbedaan di kualitas, dan Milan sedikit tertinggal dari mereka,” tambahnya.