Menyikapi kegagalan Inter Milan bersaing di zona teratas Serie A musim ini, Presiden Kehormatan Massimo Moratti mencetuskan ide mendatangkan kembali si nyentrik José Mourinho ke Giuseppe Meazza.

Itu berarti, Inter harus siap melepas Walter Mazzarri yang sebelumnya, sudah memegang agunan dari Presiden Erick Thohir untuk diberikan kesempatan satu musim lagi. Namun Moratti tetap merasa, memulangkan Mou – panggilan santai Mourinho, akan lebih baik ketimbang belanja pemain di bursa transfer.

“Saya sering berpikir untuk kami membawa kembali José, ketimbang membeli banyak pemain. Namun tentunya gagasan ini membutuhkan nalar yang sehat,” ungkap Moratti kepada TeleLombardia, Rabu (23/4/2014).

Moratti yang ingin terkesan dengan prestasi Mou di 2010 silam, mengaku masih mengenang betapa profesional dan berkomitmennya pria Portugal itu ketika harus menanti beberapa saat sebelum Roberto Mancini di-PHK, sebagai jalan masuknya menukangi Inter pada 2008 lalu.

“Kita juga tak boleh lupa bahwa dia datang karena kegagalan Mancini usai tim disingkirkan Liverpool (di Liga Champions). Sulit mengatakan pada Mancini bahwa kami sudah merekrut pelatih lain, sementara perayaan Scudetto (2007/08) masih berlangsung,” lanjutnya.

“Mou mengonfirmasi profesionalisme yang hebat. Saya sempat memperingatkannya bahwa kami harus menunggu Mancini dan dia bilang, dia akan tetap menanti tanpa kontrak dari klub lain. Dia menepati janjinya,” kenang Moratti lagi.

Usai mempersembahkan treble winners , Mou pun undur diri dari Inter yang dikatakan Moratti, jadi keputusan tepat. Mou sendiri sempat berlabuh ke Spanyol bersama Real Madrid, sebelum akhirnya kembali ke Chelsea musim ini.

“Saya pikir keputusannya mengakhiri kepelatihan di sini tepat. Mou seperti hembusan angin atau hujan badai yang hebat. Keputusannya tepat untuk tak menyeret rapornya usai (raihan) treble. Musim berikutnya, kami memenangkan Piala Super Italia, Piala Dunia Antarklub dan Coppa Italia,” tambahnya.

“Jika Leonardo (Araújo) datang lebih awal (pascapemecatan Rafael Benítez), mungkin kami akan memenangkan Scudetto lainnya .José tak menemukan kepuasan di Madrid, tapi sekarang dia di Chelsea, klub yang disukainya. Saya tahu bahwa dia akan kembali ke Inter. Tidak sekarang, tapi mungkin dia akan datang setelah Mazzarri,” tutup Moratti.