Napoli berhasil merengkuh gelar Coppa Italia, setelah di final sukses mengalahkan Fiorentina dengan skor 3-1. Lorenzo Insigne menjadi pahlawan kesuksesan I Partenopei setelah mencetak dua gol pada laga yang berlangsung di stadion Olimpico Roma, Minggu (4/5/2014) dini hari WIB.

Bagi Napoli, ini merupakan gelar Coppa Italia kelima kalinya sepanjang sejarah klub. Setelah berhasil mereka raih di musim 1961–1962, 1975–1976, 1986–1987, 2011–2012, dan 2012-2013.

Napoli mencoba mengambil inisiatif pertandingan dengan menghadirkan serangan-serangan ke jantung pertahanan Fiorentina. Bahkan upaya Hamsik di menit ketujuh, nyaris saja membuah kan gol, andai sundulannya tidak terlampau tinggi.

Pertandngan sempat dikuasai Fiorentina, ketika memasuki menit ke-10. Namun itu justru petaka bagi La Viola, karena lini pertahanan mereka menjadi lengah. Sehingga Napoli pun berhasil membuka skor.

Gol Napoli tercipta di menit ke-12, ketika pasukan Rafael Benitez ini melakukan serangan balik. Adalah Lorenzo Insigne yang membuat keunggulan Napoli atas Fiorentina ini tercipta, setelah mencetak gol.

Insigne dengan tenang mengeksekusi tendangan plesing yang tak bisa dijangkau oleh portiere La Viola, Neto. Gol ini merupakan yang kedua kalinya dicetak Insigne di Coppa Italia pekan ini.

Tak lama berselang, setidaknya enam menit belalu. Napoli memperbesar keunggulan menjadi 2-0, setelah klub berjuluk I Partenopei melakukan skema yang sama atas terciptanya gol kedua ini, yaitu melalui serangan balik. Namun kali ini counter attack, dimotori oleh Jose Callejon yang kemudian diteruskan oleh Gonzalo Higuain.

Higuain dengan cerdas memberikan crossing mendatar ke depan mulut gawang Neto. Di tengah sudah ada Insigne dengan sendirinya melepaskan bola, yang sempat membentur Tomovic, yang tak bisa ditepis oleh Neto. Fiorentina 0, Napoli 2.

La Viola mampu memperkecil kedudukan mereka menjadi 1-2, ketika Juan Manuel Vargas menciptakan gol pada menit ke-28.

Lini pertahanan Napoli seakan tertidur, ketika mereka mampu unggul cepat dengan dua gol. Sehingga Vargas, mampu lolos dari jebakan offside. Mendapatkan peluang emas, winger asal Peru tersebut tak menyia-nyiakannya untuk membuat gol balasan.

Pertandingan pun kian memanas, karena peluang Fiorentina yang sebelumnya menipis, kini kembali hidup, Setelah kedudukan 2-1 untuk keunggulan Napoli.

Meski kedua tim saling menyerang, dan beberapa peluang tercipta, namun kedua tim masih belum menambah gol mereka. Termasuk satu gol dari Alberto Aquilani yang dianggap tidak sah karena sudah terperangkap offiside. Sehingga skor 2-1 untu keunggulan Napoli menandakan beresnya babak pertama.

Lepas turun minum, kedua klub memiliki misi berbeda. Di mana Napoli tampil cukup bertahan, sementara La Viola ngotot untuk mengejar ketertinggalan. Fiorentina pun mengurung pertahanan Napoli, namun klub asal kota Naples itu masih memiliki pertahanan yang kokoh sejauh ini.

Tidak seperti di babak pertama, kedua tim tampil lebih monoton dalam menjalani pertandingan. Sementara di sisi lapangan, telah masuk Giuseppe Rossi. Striker andalan Vicenzo Montella ini diturunkan menggantikan Joaquin.

Keasyikan menyerang, gawang Fiorentina terancam melalui serangan balik yang dilakukan oleh para pemain Napoli. Beruntung kali ini portiere La Viola, Neto mengagalkan peluang tersebut.

Gokhan Inler membuat posisi Napoli terancam. Ketika membuat pelanggaran terhadap Matia Fernandez pada menit ke-79.

Gelandang internasional Swiss tersebut melakukan pelanggaran keras dari belakang Fernandez, alhasil Inler yang telah mengantongi kartu kuning di menit ke-50, membuatnya diusir wasit Daniele Orsato.

Lima menit menjelang pertandingan usai, Fiorentina mendapatkan peluang emas melalui upaya dari Ilicic. Sayang meski telah berhadapan dengan Pepe Reina, namun bola congkelannya masih belum menemui sasaran.

Meski bermain dengan 10 pemain, pertahanan Napoli tak menemui kesulitan dalam menangani serangan yang dibangun oleh Fiorenrtina. Justru pasukan Benitez ini mampu memperbesar keunggulan setelah pemain pengganti, Dries Mertens pada menit ke 90+3.

Gol asal pemain internasional Belgia itu sekaligus menandakan berakhirnya laga final ini, dan membuat Napoli menjuarai Coppa Italia atas Napoli dengan skor 3-1.

Susunan Pemain:
Fiorentina: 1. Neto, 2. G. Rodríguez, 23. M. Pasqual (Fernandez 56’), 40. N. Tomovic, 15. S. Savic, 17. Joaquín (Rossi 72’), 7. D. Pizarro, 10. A. Aquilani (Aquilani 83'), 20. Borja Valero, 66. J. Vargas, 72. J. Ilicic

Napoli: 25. Pepe Reina, 33. Albiol, 4. Henrique, 21. F. Fernández, 31. F. Ghoulam, 88. G. ?nler, 17. M. Hamsik (Mertens 64’), 8. Jorginho, 9. G. Higuaín (Pandev 71’), 7. José Callejón, 24. L. Insigne (Behrami 81')




SUMBER