Harapan AC Milan untuk bermain di Europa League musim depan kandas sudah. Milan harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 1-2 di Stadio Atleti Azzurri d'Italia, Minggu (11/5/2014).

Milan melakukan perubahan tiga pemain setelah mengalahkan rival Inter Milan, pekan lalu. Ancelotti memainkan Marco Amelia, Sulley Muntari dan Keisuke Honda, mereka menggantikan kiper Christian Abbiati, yang menjalani hukuman, Andrea Poli dan Adel Taraabt.

Sepanjang pertandingan Milan kesulitan membongkar pertahanan tuan rumah. Sebaliknya, Atalanta mendapatkan sebuah kesempatan lewat Carlos Carmona, tapi tendangan pemain asal Cile itu masih lemah dan mudah ditangkap Amelia.

Namun, peluang terbaik justru dimiliki oleh Milan. Mario Balotelli melepaskan sebuah tendangan bebas, yang sempat ditepis kiper Andrea Consigli, dan mengenai tiang gawang. Skor tanpa gol bertahan di babak pertama.

Milan mencoba untuk menambah daya dobrak dengan memainkan Stephen El Shaarawy di babak kedua. Sundulan Kaka masih melambung di atas gawang Atalanta. Usaha Rossoneri untuk mencetak gol membuahkan hasil.

Diawali Muntari yang melakukan umpan silang, bola mengarah ke Balotelli. Namun, Bellini yang berusaha menghalau, justru membuat gawang Consigli bergetar. 1-0 untuk Rossoneri.

Tidak berselang lama, tuan rumah mendapatkan penalti setelah Constant melanggar Carmona di dalam kotak penalti. Denis yang menjadi algojo berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Skor berubah menjadi 1-1.

Situasi buruk terjadi pada 20 menit menjelang bubar. Insiden rasis kembali terjadi ketika bek Milan, Constant dilempari pisang oleh fans tuan rumah. Sebelumnya, kejadian serupa juga dialami bek Barcelona. Dani Alves saat melawan Villarreal.

Mendapati hal itu, dua rekan setim Constant, Philippe Mexes dan Nigel de Jong dengan sinis bertepuk tangan ke tribun yang melempar pisang itu. Sementara itu, pihak tuan rumah mencoba memperingatkan penonton untuk tidak mengulangi tindakan itu lagi.

Kans terakhir dimiliki Balotelli. Sayang, bola tendangan penyerang bengal Tim Nasional Italia itu kembali menyapa mistar gawang. Di saat menjelang pertandingan berakhir, pendukung tuan rumah kembali bergemuruh.

Pemain pengganti Brienza yang baru masuk di menit 87, memberikan kemenangan untuk tuan rumah setelah menceploskan gawang Milan di masa injury time. Skor 2-1 bertahan hingga pertandingan berakhir.

Susunan Pemain
Atalanta: 47. A. Consigli, 6. G. Bellini, 28. D. Brivio, 29. Y. Benalouane
21. L. Cigarini, 11. M. Moralez (Brienza 87), 77. C. Raimondi, 17. C. Carmona,
10. G. Bonaventura (De Luca 69), 18. D. Baselli (Migliaccio 69), 19. G. Denis.

AC Milan: 1. M. Amelia; 5. P. Mexs, 13. A. Rami, 21. K. Constant, 2. M. De Sciglio
4. S. Muntari (Taarabt 76), 34. N. de Jong, 18. R. Montolivo, 22. Kak (Pazzini 80)
10. K. Honda (El Shaarawy 46), 45. M. Balotelli.