UEFA sudah mengumumkan tiga finalis untuk meraih penghargaan Pemain Terbaik di Eropa musim 2013/2014. Mereka yang jadi kandidat adalah Cristiano Ronaldo, Arjen Robben dan Manuel Neuer. Sementara Lionel Messi out.

Ronaldo, Robben dan Neuer mengalahkan tujuh pemain lain yang sebelumnya masuk dalam daftar 10 kandidat peraih penghargaan Pemain Terbaik di Eropa. Bintang Real Madrid serta tulang pungung Bayern Munich itu terpilih sebagai finalis setelah mendapat suara terbanyak dalam jajak pendapat yang dilakukan wartawan yang berasal dari negara anggota federasi UEFA.

Buat Ronaldo ini adalah kali keempat dia masuk nominasi akhir, namun belum pernah terpilih sebagai pemenang sejak penghargaan ini pertama dihelat pada 2011 lalu. Dia dianggap jadi kandidat kuat pemenang setelah memecahkan rekor gol terbanyak dalam satu musim Liga Champions yakni 17 gol plus membawa Real Madrid merengkun La Decima dan mencetak dua gol di Piala Super Eropa.

Sementara Neuer tampil sangat gemilang bersama Bayern Munich dan tim nasional Jerman. Dia mencatatkan empat clean sheet dari tujuh pertandingan di Brasil. Sukses terbesarnya tentu saja mengantar Jerman jadi juara dunia. Neuer belum lama lalu juga dapat penghargaan sebagai pesepakbola terbaik Jerman untuk kali kedua secara beruntun. Tak pernah ada sebelumnya kiper yang mampu meraih prestasi seperti itu.

Robben juga bersinar di Bayern dan Piala Dunia 2014 bersama Belanda. Selain mengantar Oranje masuk babak empat besar, dia juga mencetak dua gol ke gawang Spanyol di fase grup. Sementara di level klub jumlah golnya yang 21 buah hanya kalah dari Thomas Mueller dan Mario Mandzukic di FC Hollywood.

Sejak pertama dihelat tahun 2011, ini adalah kali pertama Lionel Messi tidak masuk daftar kandidat akhir. Messi adalah pemenang saat event ini pertama digelar. Pada tahun 2012 dia kalah dari Andres Iniesta sementara tahun lalu Messi harus mengakui keunggulan Franck Ribery.

POSTED BY : BANDAR BOLA