Mendatangkan pemain yang akan habis kontrak bersama klub lamanya, agaknya sedang menjadi tren terkini klub peserta Serie A. Setelah Inter Milan yang terlebih dahulu mendatangkan Nemanja Vidic dari Manchester United, kini rival tetangganya, AC Milan resmi mendatangkan Alex dari Paris Saint Germain (PSG).

Ya, Alex didatangkan dengan status free transfer setelah kontraknya berakhir Juli mendatang. Dan Les Parisiens tak dapat menghalanginya untuk bertahan, karena adanya aturan Bosman transfer yang ‘mengharamkan’ klub untuk menahan pemain yang kontraknya akan habis.


Alex saat memegang jersey Milan, ia telah resmi menjadi pemain Milan (Foto: ACMilan)

Sebagai informasi, Jean-Marc Bosman adalah pemain RFC Liege, Belgia yang tidak dapat berpindah klub karena klubnya saat itu menahannya untuk pergi. Dan di klubnya, gaji Bosman dikurangi dan membawa kasusnya hingga ke pengadilan. Sejak saat itu, FIFA selaku otoritas tertinggi sepakbola Eropa, menerapkan hukum yang disebut Bosman transfer.

Kembali ke Alex, ia akan dikontrak dua tahun oleh Il Diavolo hingga tahun 2016, sebagaimana dilansir situs resmi klub, Jumat (6/6/2014) dan akan berumur 33 tahun dua tahun mendatang. Pemain bernama lengkap Alex Rodrigo Dias da Costa ini juga sudah melanglang buana ke berbagai tempat dan klub, seperti Santos (Brasil), PSV Eindhoven (Belanda), dan Chelsea (Inggris).

Dalam dua musim terakhir Alex membentuk karang tangguh bersama kompatriotnya, Thiago Silva di PSG dan membantu tim merengkuh dua titel Ligue One dua kali berturut-turut. Disinyalir Alex bukan satu-satunya pemain PSG yang direkrut Milan, pemain lainnya yang akan menyusul adalah Jeremy Menez.