Fenomena pemain asal Asia yang bermain untuk klub-klub Eropa sepertinya tak hanya datang dari pemain Asia Timur seperti Jepang, Korea Selatan atau Timur Tengah macam Iran, Mesir dll. Hal ini pun terjadi hingga ke kawasan ASEAN alias Asia Tenggara.


Teerasil Dangda resmi bergabung UD ALmeria (Foto: Ist)

Adalah Teerasil Dangda, bintang Thailand yang beruntung bergabung dengan klub peserta La Liga, UD Almeria. Pemain yang pernah bergabung bersama Manchester City dan menjalani uji coba bersama Atletico Madrid ini, senang dapat bergabung dengan salah satu liga terbaik dunia.

“Saya memiliki kesempatan hebat, yaitu bermain untuk liga terbaik dunia dan saya akan coba memanfaatkannya. Saya akan memberikan segalanya untuk Almeria, untuk mendapatkan kasih sayang dari fans mereka dan saya sangat senang,” ucap Teerasil seperti diberitakan Sportsmole, Minggu (6/7/2014).

Penyerang berusia 26 tahun itu memang banyak dipantau banyak tim karena dianggap sebagai pemain terbaik di Thailand. Tak hanya itu, Teerasil juga menjadi top skorer Muangtong United selama tiga musim terakhir ini di Thai Premier League.

Tidak dicantumkan berapa harga yang dikeluarkan Almeria untuk mendatangkan Teerasil. Namun Transfermarkt, mensinyalir harganya seharga 264 ribu pounds. Lebih lanjut, Teerasil mengaku sudah berbicara banyak kepada Joseba Ituarte yang merupakan pelatih kiper Muangthong, dan juga mantan pemain Almeria.

“Joseba memberikan saya banyak nasehat. Ia memberitahu saya tentang kota, iklim dan budaya setempat. Ia juga melatih saya dengan beberapa kata kerja yang digunakan selama pertandingan, bersamaan dengan konsep teknis Spanyol,” sambungnya.