Laga pembuka Piala Jenderal Sudirman yang mempertemukan Arema Cronus dan Gresik United di Stadion Kanjuruhan, Malang, Selasa (10/11) sangat menarik disimak. Pada laga perdana ini, kedua tim diprediksi bermain penuh hati-hati untuk meraba kekuatan tim.

Arema sendiri tak mau kejadian ketika menjalani start buruk di Piala Presiden terulang. Skuat Singo Edan bertekad memburu start manis demi lancarnya perjalanan mereka di turnamen tersebut. Tak heran jika mereka mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Pelatih Arema, Joko Susilo ingin memberikan kebahagian bagi suporter dengan cara kami yakni bisa memenangkan pertandingan "Semua kami siapkan, meski persiapan belum maksimal karena persiapan yang mepet, tapi yang jelas kami siap menghadapi Gresik United," ungkap pelatih Arema, Joko Susilo di acara Indonesia Morning Show Net TV, Selasa (10/11).

Terkait dua pemain asing baru asal Spanyol, yakni Toni Espinosa dan Kiko Insa walaupun baru bergabung tapi pelatih pria disapa Gethuk ini berharap mereka bisa langsung nyetel bersama Ahmad Bustomi dkk.

"Mereka udah uji coba sekali Arema U-21, saya mengerti mereka baru saja dateng namun melihat skill mereka saya yakin tidak terlalu masalah. Saya harap mereka lebih baik dibandingkan tiga pemain asing kami di Piala Presiden lalu," tambah Gethuk.

Sementara terkait lawan, Gethuk tak mau meremehkan sang lawan meskipun Gresik United lebih mempercayai para pemain muda lokal untuk memperkuat skuatnya. Di turnamen ini, Laskar Joko Samudro sama sekali tak memakai jasa pemain asing.

"Saya tidak mewaspadai satu orang saja, tapi setiap pemain. Mereka memiliki team work mereka yang terus kami waspadai," tutupnya.

Sementara itu calon lawan Arema pada laga pembuka Piala Jenderal Sudirman, Persegres Gresik United tak akan gentar menghadapi Arema yang didukung penuh oleh suporternya. "Kami akan melakukan perlawanan dan berjibaku mengimbangi Gonzales dan kawan-kawan. Kami realistis saja dan lihat situasi di lapangan," kata Asisten PelatihPersegres Gresik United, Sasi Kirono.

Pada laga perdana itu, kabarnya Persegres Gresik United hanya akan mengandalkan pemain lokalnya, tanpa pemain asing. "Pemain yang kami turunkan nanti juga tidak jauh berbeda dengan yang memperkuat tim di ajang Piala Presiden beberapa waktu lalu," ucapnya.

Laga ini sekaligus menjadi ujian bagi legiun anyar Esteban Vizcarra. Eks Semen Padang ini akan menjalani pertandingan perdananya di laga kompetitif. Bagi Esteban, tidak ada cara yang lebih baik kecuali memenangi pertandingan untuk menandai debutnya di Arema Cronus.

Memang umurnya sudah tak mudah lagi namun kepemimpinannya dilapangan diharapkan mampu mengangkat motivasi para rekannya yang banyak diisi oleh pemain muda. Bersama Rendi Irwan, Rico Simanjuntak dan Fitra Ridwan akan menghadirkan kecepatan yang bisa dipastikan membuat repot barisan belakang Arema Cronus.

Prakiraan Susunan Pemain
Arema Cronus
Made Wardana, Hasim Kipuw, Purwaka Yudi, Kiko Insa, Junda Irawan, Ahmad Bustomi, Dio Permana, Esteban Vizcarra, Toni Espinosa, Cristian Gonzales, Samsul Arif.

Gresik United
Aji Saka, Wismoyo Widhistio, Dedi Indra, FX Yanuar, Fitra Ridwan, Bima Sakti, Rendi Irawan, Rico Simanjuntak, Jefri Kurniawan, Qischil Gandrum Miny

Head to Head:
05/06/14 Gresik United 0 0 Arema Cronus
08/05/14 Arema Cronus 5 0 Gresik United
14/06/13 Arema Cronus 1 1 Gresik United
07/03/13 Gresik United 1 2 Arema Cronus
30/06/12 Arema Cronus 0 0 Gresik United

Lima Pertandingan Terakhir Arema Cronus:
19/09/15 Arema Cronus 2 - 1 Bali United
27/09/15 Bali United 2 - 3 Arema Cronus
03/10/15 Arema Cronus 1 - 1 Sriwijaya
11/10/15 Sriwijaya 2 - 1 Arema Cronus
17/10/15 Arema Cronus 2 - 0 Mitra Kukar


Lima Pertandingan Terakhir Gresik United:
08/04/15 Gresik United 3 - 2 Mitra Kukar
11/04/15 Barito Putera 0 - 1 Gresik United
31/08/15 PSM 3 - 0 Gresik United
04/09/15 Gresik United 1 - 3 Pusamania Borneo FC
08/09/15 Gresik United 0 - 2 Persipasi Bandung Raya