TURIN – Mundurnya Antonio Conte dari jabatan sebagai pelatih Juventus, memang mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, bila berbicara kontribusi, pria 44 tahun sudah banyak memberi gelar bagi Si Nyonya Tua, baik saat sebagai pemain, ataupun pelatih.

Banyak spekulasi yang coba menebak mengapa Conte melakukan hal ini. Alasan pertama, yakni Conte tidak sependapat dengan manajemen klub soal kebijakan belanja pemain. Dengan kata lain, manajemen tak mau menggelontorkan dana segar untuk belanja pemain di bursa transfer musim panas ini.

Kedua, adalah Arturo Vidal. Ya, pemain asal Cile tersebut memang gencar diberitakan bakal merapat ke Manchester United, dan klub sudah mematok harga bila ada klub yang ingin meminangnya. Sedangkan, Conte sangat ingin menahan laju Vidal dari Juventus Stadium.

Alasan ketiga, adalah Conte sedang mempersiapkan diri untuk mengambil alih kemudi di tim nasional Italia yang belum lama ini ditinggalkan Cesare Prandelli –yang kini memilih untuk menukangi klub raksasa Turki, Galatasaray.

Kini, pertanyaan besar pun muncul, yakni ‘siapa yang akan menggantikan posisi Conte sebagai pelatih Juventus?’. Ada beberapa nama yang langsung menjadi sasaran pemberitaan media untuk menjawab pertanyaan ini.

Nama pertama adalah eks pelatih AC Milan, Massimiliano Allegri. Allegri kini memang tengah menganggur alias tak ada pekerjaan usai dipecat manajemen Diavolo Rosso setelah gagal membawa Milan menembus persaingan di papan atas Serie A.Kedua adalah legenda Juventus yang kini menjadi pelatih di Real Madrid Castilla atau tim muda El Real.

Meski belum pernah merasakan melatih klub utama, namun pengalaman menjadi asisten bagi Carlo Ancelotti selama satu musim, bisa menjadi pertimbangan Juventus untuk membawanya kembali ke Turin.

Berikut, ada nama Roberto Mancini. Pelatih yang terakhir melatih Galatasaray ini memang sudah banyak pengalaman di dunia racik strategi. Beberapa klub besar, sudah pernah ditangani pelatih 49 tahun ini, di antaranya Fiorentina, Lazio, Inter Milan, dan Manchester City.

Terakhir, datang dari Rusia, Luciano Spaletti. Pelatih berkepala plontos ini kini masih menjabat sebagai pelatih Zenit St Petersburg. Dia juga punya segudang pengalaman sebagai pelatih, secara sejak tahun 1995, dia sudah menggeluti dunia ini. Empoli, Sampdoria, Venezia, ****ese, Ancona, ****ese, dan AS Roma, pernah digarapnya.

Sumber