Mantan penjaga gawang Arsenal, Manuel Almunia, terpaksa harus mengakhiri kariernya sebagai pesepakbola. Pemain berusia 37 tahun tersebut diketahui mengalami permasalahan yang cukup serius pada jantungnya.

Almunia sebenarnya tengah dalam proses menyelesaikan transfernya dari Watford menuju Cagliari. Bersama klub asuhan Zdanek Zeman tersebut dia akan menandatangani kontrak dengan durasi satu tahun.


Manuel Almunia Saat Membela Arsenal (Foto: Reuters)

Namun, setelah menjalami tiga kali tes medis bersama klub Serie A tersebut. Almunia diketahui memiliki masalah yang serius pada jantungnya, sehingga pihak klub melalui Presiden klub, Tommaso Giulini, memutuskan bahwa dirinya tidak bisa merumput bersama Cagliari.

“Masalah pada jantungnya itu ditemukan pada saat tes medis pertamanya dan dikonfirmasi melalui dua tes selanjutnya di klinik Padua. Hal itu sedikit membuat saya terluka, dia merupakan pemain hebat dan saya yakin dia mampu mengangkat prestasi klub ini, sungguh sangat disayangkan,” jelas Giulini, seperti dilansir Football Italia, Kamis (28/8/2014).

Mantan penjaga gawang West Ham tersebut kemudian memutuskan untuk menggantung sarung tanganya. Pemain berkebangsaan Spanyol itu mengakhiri petualangan di dunia sepakbola yang sudah ia tekuni hampir 20 tahun.

Almunia sendiri memulai karier profesionalnya pada 1995 bersama tim Osasuna B. Puncak karier penjaga gawang bertinggi badan 192 cm ini datang saat ia dipercaya menjadi penjaga gawang utama bersama salah satu raksasa Premier League pada 2008 mengantikan penjaga gawang asal Jerman, Jens Lehmann, yang mudik dengan bergabung bersama VFB Stuttgart.