Perjalanan Inter Milan setelah ditinggal Jose Mourinho memang ironis. Setelah meraih treble di musim 2009-2010 lalu, Nerazzuri malah terus turun kualitasnya. Pergantian beberapa pelatih tidak bisa menciptakan prestasi yang pantas untuk peraih 18 Scudetto itu.


Javier Zanetti. (Foto: Reuters)

Rafa Benitez, Leonardo, Gian Piero Gasperini, Claudio Ranieri dan Andrea Stramaccioni sepertinya memikul beban kesuksesan Jose Mourinho yang menghadiahkan segudang piala hanya dalam tempo dua musim. Cuma Benitez yang bisa memberikan trofi Super Coppa Italiana dan FIFA World Cup di awal musim 2010-2011 lalu.

Klub juga harus melepas pemain-pemain dengan gaji tinggi untuk menjaga keseimbangan keuangannya, yang malah membuat La Beneamata kehilangan tenaga. Pemain-pemain baru yang didatangkan tidak memiliki kualitas seperti Samuel Eto'o, Wesley Sneijder, Thiago Motta, Lucio atau Julio Cesar. Apalagi beberapa bintang yang dipertahankan pun memutuskan atau dipersilakan pergi di akhir musim 2013-2014 lalu karena faktor usia. Seperti Javier Zanetti, Diego Milito, Esteban Cambiasso dan Walter Samuel.

Inter mulai menunjukan perbaikan setelah Walter Mazzari masuk pada musim 2013-2014. Walau hanya membawa Inter duduk di peringkat lima musim lalu, namun Mazzari sudah melakukan penambahan skuad dan memperbaiki penampilan selama pramusim.

Termasuk kemenangan meyakinkan 6-0 saat menghancurkan klub asal Islandia, Stjarnan di babak play off Liga Europa.

Wakil Presiden Inter Milan, Javier Zanetti pun menyuarakan optimismenya soal peluang Il Biscione musim ini. Pria Argentina yang menjadi kapten Inter sejak 1999 itu mengajak para fans untuk terus mendukung klub pujaannya.

"Hal yang positif dari musim ini ialah kami memulainya dengan bagus. Kami siap mengarungi semua kompetisi musim ini. Kami ingin kembali menjadi klub papan atas," ujar Zanetti seperti mengutip dari Italian Football Daily, Sabtu (30/8/2014).

Zanetti yang berseragam Inter sejak 1995 silam memuji ide dan sistem Mazzari. Ia yakin jika dilakukan dengan serius, maka hasil positif akan diperoleh di akhir musim.

"Walter Mazzari membangun tim yang luar biasa musim ini dengan beberapa pemain muda. Mazzari juga menuangkan idenya saat latihan untuk dipraktekan di pertandingan sebenarnya," jelasnya.