Klub-klub di Serie A Italia jarang yang memiliki stadion sendiri. Rata-rata klub di Italia menyewa stadion kepada pemerintah kota setempat untuk dijadikan markasnya. Baru Juventus yang memiliki stadion sendiri sebagai kandangnya, yaitu Juventus Stadium. Tapi beberapa tahun ke depan, akan ada klub yang meniru langkah Juve memiliki stadion sendiri.

Adalah AC Milan yang memutuskan untuk membangun stadion sebagai markasnya di masa depan. Kondisi dan kapasitas stadion San Siro, yang sudah dipakai selama puluhan tahun sebagai kandang Rossonero, dinilai tidak layak lagi.

Manajemen Milan akan berkolaborasi dengan Inter Milan, klub satu kota sekaligus musuh bebuyutan di lapangan, untuk membicarakan rencana membangun markas bersama.

"San Siro adalah stadion yang luar biasa, karena sejarah Milan dan Inter ikut tercatat di sana. Tapi jika berbicara era modern seperti saat ini dan masa mendatang, stadion itu (San Siro) sudah tidak layak lagi," jelas Barbara Berlusconi, CEO AC Milan seperti mengutip dari Football Italia, Senin (29/9/2014).

Putri Silvio Berlusconi itu menginginkan stadion yang lebih modern, lebih aman, terbuka setiap hari dan paling penting, bisa mendatangkan uang lebih banyak untuk klub.

Namun Barbara mengakui kalau aturan dan kondisi ekonomi terkini di Italia membuat rencana membangun stadion sendiri bisa agak terhambat. Makanya ia meminta dukungan pemerintah agar klub-klub di Italia bisa lebih maju.

"Masalah besar di sini (Italia) adalah, orang senang beradu argumentasi," sindirnya.

Perempuan berambut pirang itu berharap pemerintah, federasi dan klub Italia mencontoh bagaimana Jerman membangun sepakbolanya usai terpuruk di Euro 2000. Ketika itu pemerintah Jerman membangun banyak stadion modern untuk meningkatkan kunjungan penonton dan turis. Federasi Jerman juga memodernisasi sistem pembinaan pemain muda dan manajemen klub sehingga tercipta Timnas Jerman yang tangguh.