GENOA – Kamis (30/10/2014) dini hari nanti, Genoa akan dihadapkan pada ujian besar menjamu Juventus, di kandang sendiri – Luigi Ferraris. Sayangnya, salah satu centrocampista muda andalan, Stefano Sturaro diragukan siap tempur.

Hal yang sama juga mendera kubu tim tamu. Playmaker veteran, Andrea Pirlo dipastikan allenatore Massimiliano Allegri, takkan bisa diturunkan pada laga lanjutan giornata kesembilan Serie A itu.

Kendati begitu, nakhoda Genoa, Gian Piero Gasperini, merasa soal ada atau tidaknya Pirlo di lapangan, takkan banyak berpengaruh. Pasalnya, Bianconeri tak hanya sekadar Pirlo. Hasil positif bisa saja tetap direngkuh walau tanpa mantan pemain AC Milan itu.

“Juventus mampu mendapatkan hasil bagus, dengan atau tanpa Pirlo. Tak pernah ada satu pemain yang bisa memastikan suatu tim akan kalah atau menang. Akan ada pemain lain yang bisa menggantikan tempatnya,” papar Gasperini.

“Musim lalu, kami menyerang Juve sejak awal laga, kemudian performa kian menguat seiring berjalannya waktu, tapi kami kalah. Kini, kami sudah siap mental dan tampil lebih baik dari tahun lalu,” sambungnya, seperti disadur Football-Italia, Rabu (29/10/2014).

Hingga sembilan partai dijalani musim ini, Il Grifone – julukan Genoa, terbilang tengah menjalani tren positif. Genoa bertengger di posisi sembilan pada klasemen sementara dan buat Gasperini, laga-laga besar kontra tim kuat macam Juve, akan jadi momen istimewa buat mendongkrak mental timnya.

“Laga seperti ini menstimulasi siapapun, karena melawan Juve, AS Roma atau Milan, merupakan partai spesial. Tim-tim itu akan jadi kesempatan buat kami dan jika kami bermain baik, akan jadi titik balik buat kepercayaan diri tim,” lanjut mantan gelandang yang juga pernah membela Juve musim 1976-77 itu.

“Akan terdapat atmosfer yang hebat di Marassi dan kami bisa mengambil inisiatif. Kami bisa menyesuaikan sistem permainan, karena kami punya kapasitas untuk tampil beda dan mengejutkan. Akan luar biasa jika kami bisa memenangkannya,” tuntas Gasperini.

Sumber