Eksodus pemain Southampton terus terjadi di bursa transfer musim panas ini. Ada lima pemain telah meninggalkan St Mary Stadium, mulai dari Rickie Lambert, Luke Shaw, Adam Lallana, Calum Chambers hingga Dejan Lovren.

The Saints -julukan Southampton- pun diprediksi akan mengalami dekadensi performa musim ini di Premier League, karena ditinggal hampir separuh pemain intinya. Belum lagi dua pemainnya, Morgan Schneiderlin dan Jay Rodriguez yang terus diisukan hengkang.


Southampton akan tetap kuat, meski ditinggal sejumlah pemain kuncinya (Foto: Ist)

Menanggapi eksodus pemain tersebut, pemilik klub, Ralph Krueger justru melihat hal positif. Ia melihat bahwa eksodus tersebut merupakan keuntungan tersendiri bagi manajer anyar tim, Ronald Koeman. Pasalnya lebih baik membiarkan pemain yang tidak ingin bermain bagi klub untuk pindah, ketimbang mempertahankan mereka.

“Pertama, kontrak harus dihargai. Memang ada situasi di mana perubahan banyak terjadi saat manajer meninggalkan klub. Dan berakhir dengan suasana sebagian pemain inti tidak menunjukkan komitmennya berada di sini. Hal ini sangat berisiko untuk klub manapun, terutama klub yang memiliki kedalaman skuad yang sedikit,” terang Krueger, seperti dilansir Footy Mad, Rabu (6/8/2014).

Pria asal Jerman itu juga menambahkan bahwa Southampton memiliki rencana matang dalam membangun tim, meski ditinggal banyak pemainnya. Ia pun menyebutkan nama Jay Rodriguez dan Schneiderlin sebagai fondasi utama tim untuk masa depan, sekaligus menepis isu kepergian mereka.

“Kami bukan klub yang bereaksi berlebihan. Pada faktanya, ada strategi tim dan jelas. Kami memiliki Morgan dan Jay sebagai pusat tim untuk membangun tim ini lebih baik. Ini strategi kami dan kami akan mempertahannkannya. Kami membangun tim, dan tidak mengurangi fase tersebut,” imbuh Krueger.

Sejauh ini Koeman memiliki tiga pemain anyar dalam timnya untuk menggantikan lima pemain yang telah hengkang. Ketiga pemain tersebut adalah, Dusan Tadic, Graziano Pelle, dan Ryan Bertrand. Selain mereka, ada Saphir Taider dari Inter Milan yang diisukan akan segera bergabung.