Arsenal akhirnya keluar sebagai pemenang Communty Shield 2014 usai mengalahkan sang jawara Premier League, Manchester City, Minggu malam. Tak tanggung-tanggung, Meriam London menang dengan skor meyakinkan 3-0.

Jalannya Pertandingan:
Tensi tinggi langsung menjadi suguhan utama yang diperlihatkan kedua tim. Keduanya seolah tak mau membuang banyak waktu demi bisa membuka keunggulan lebih dulu. Namun, sang juara FA lah yang memegang kendali permainan.

Arsenal, terlihat ngegas sejak awal laga, terlihat dari tiga peluang yang tercipta di 10 menit pertama. Peluang pertama tercipta berkat kerja sama antara Sanchez, Sanogo, dan Wilshere. Namun sayang bola-bola pendek yang diperagakan belum maksimal.

Peluang berikutnya hadir di menit keempat dari punggawa anyar Arsenal, Chambers. Dia terlau lama menguasai bola, meski sebenarnya sudah masuk ke kotak penalti dia masih terus membawa bola ketimbang memberikan umpan kepada rekannya.

Masuk menit kedelapan, Sanchez memberikan umpan kepada Debuchy, umpan silang berbahaya berhasil dilepaskan oleh pemain asal Prancis itu. Namun Sanogo yang berdiri di tengah gagal melakukan sundulan.

Hingga pertandingan memasuki menit 20, Arsenal seperti sama sekali tidak memberikan kesempatan kepada City untuk mengembangkan permainan. Gol pun sepertinya hanya tinggal menunggu waktu bagi Meriam London.

Dan, benar saja, Cazorla menyarangkan bola di menit 21 dan membuat Gooners di Wembley Stadium bersorak. Berkat umpan Wilshere dan penguasaan bola yang baik, dia kemudian melepaskan tembakan kaki kiri yang mengelabuhi kiper The Citizens.

Lima menit setelah gol pembuka tercipta, City coba memperagakan permainan lebih menekan. Clichy melakukan kombinasi dengan Navas di sisi kanan. Namun kawalan ketat dari Gibbs membuat aliran bola tak sampai mengancam gawang Szczesny.

Sanogo, menjadi pemain yang sering mendapat peluang namun gagal menginversikannya menjadi sebuah gol. Menit 30, dia kembali mendapat kesempatan dari sepakan penjuru Cazorla. Meski sukses menjangkau bola dengan kepala, namun tandukannya masih bisa diamankan Caballero.

Menit 41, Dzeko mendapat peluang dari sisi kiri, Kolarov bergerak memberikan umpan silang datar. Namun gangguan Koscielny membuat Dzeko gagal mengoyak jala gawang Arsenal.

City benar-benar tak diberi napas. Arsenal justru menggandakan skor di menit 42 lewat gol yang dicetak Aaron Ramsey setelah menerima umpan pendek dari Sanogo di dalam kotak penalti. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Masuk ke interval kedua, City coba mengambil inisiatif serangan. Di menit 52, Berawal dari gerakan Navas di sisi kanan, Jovetic berhasil menyundul bola dengan baik. Namun bisa ditepis oleh kiper Arsenal. Bola liar bergulir kembali di kaki Jovetic, dan sayang sekali sepakan dia melambung tinggi.

Malang bagi City, mereka harus kebobolan untuk ketiga kalinya 10 menit berselang. Umpan manis Wilshere dari sisi kanan kepada Giroud, diteruskannya dengan sepakan kaki kanan yang membentur kaki Nastasic sehingga membuat bola sulit dijangkau Caballero.

Menit 63, City bisa memperkecil margin gol andai saja tendangan salto Jovetic usai menerima umpan dari Clichy tidak melambung. Taklama setelah itu, dia kembali mendapat kesempatan di menit 76 usai berhasil mengontrol umpan silang dari sisi kanan. Namun, saat mencoba menembak ada Chambers yang melakukan blok.

Lagi-lagi Jovetic berkesempatan mencatatkan namanya di papan skor di menit 77. Berawal dari penguasaan bola David Silva yang sangat baik dia mengontrol bola untuk mengelabuhi pemain Arsenal. Namun umpan terobosan yang kemudian diberikan kepada Jovetic masih terlalu cepat sehingga langsung disambut oleh kiper.

Hingga memasuki menit ke 80, tempo laga terlihat mengendur. Arsenal seolah sudah cukup puas dengan keunggulan 3-0 sembari menahan perlawanan City dengan penguasaan bola. Dan, wasit pun meniupkan peluit panjang. Arsenal pun sukses meraih trofi Community Shield.

Susunan Pemain:
ARSENAL: Szczesny, Koscielny/Nacho, Debuchy, Gibbs, Chambers, Ramsey/Campbell, Wilshere/Flamini, Cazorla/Rosicky, Arteta, Sanchez/Chamberlain, Sanogo/Giroud

MANCHESTER CITY: Caballero, Clichy, Boyata, Nastasic, Kolarov/Richards, Navas/Sinclair, Fernando, Toure/Zuculini, Nasri/David Silva, Jovetic, Dzeko/Milner




SUMBER