Kekalahan mengejutkan 2-1 Manchester United dari Swansea City di depan pendukungnya sendiri, mencoreng laga perdana Louis van Gaal saat membesut Wayne Rooney dkk. Kritikan pun datang dari banyak kalangan, termasuk legenda United, Paul Scholes.


Paul Scholes kritik Manchester United kurang menunjukkan kualitasnya (Foto: REUTERS)

Bagi pria yang dahulu berposisi sebagai gelandang tengah ini, United belum menunjukkan kualitas yang dibutuhkan untuk kembali kompetitif di Premier League. Scholes melihat banyak terdapat kekurangan, terutama di lini tengah tim.

“United belum cukup baik. Ketika Anda kehilangan pemain seperti Vidic, Ferdinand, dan Evra. Anda melihatnya sendiri, saat bertahan, mereka tidak berpengalaman dan terlalu terbuka di banyak kesempatan,” Scholes menganalisa pertandingan, seperti dikutip dari Soccerway, Minggu (17/8/2014).

“Di lini tengah, kualitas permainan tidak ada disana. Ketika Anda memiliki penyerang seperti Rooney dan Hernandez, mereka butuh diberi umpan. Ketika United mencetak gol, Anda berharap United mencetak gol pertama, kedua, ketiga. Namun hal tersebut tak terjadi,” imbuhnya

Scholes, yang sudah memainkan lebih dari 700 laga bersama United, juga memberikan saran kepada Van Gaal untuk meningkatkan kualitas permainan klub, jika memang tidak ada pemain yang didatangkan kembali. Tak hanya itu, ia juga masih menyayangkan kegagalan klub merekrut Toni Kroos dan Francesc Fabregas.

“Tidak diragukan lagi, dibutuhkan perubahan yang amat teramat besar dari para pemain United saat ini, jika ia (Van Gaal) tidak mendatangkan pemain. Dua pemain berkualitas yang tidak datang ke United, telah pergi ke klub lain. Toni Kroos dan Cesc Fabregas dapat membuat perbedaan besar,” tuntasnya.