Titel Piala FA musim lalu telah menyingkirkan tekanan besar di tubuh Arsenal, sementara sukses di Community Shield membuat gairah mereka kian besar. Demikian yang dirasakan Santi Cazorla.

Arsenal kini tengah diselimuti atmosfer positif, jelang bergulirnya Premier League 2014-2015. Ini tak terlepas dari keberhasilan meraih Piala FA di akhir musim lalu, yang sekaligus mengakhiri sembilan tahun puasa gelar The Gunners.



Trofi tersebut diakui telah melepaskan beban berat yang selama ini menggelayut. Tekanan pun mulai berubah menjadi optimisme dan gairah. Ini kemudian diperkuat dengan keberhasilan anak-anak London utara itu meraih titel Community Shield.

"Memenangi sebuah gelar selalu membuat segalanya lebih mudah. Saya bisa merasakan adanya perubahan mentalitas di tim ini setelah memenangi Piala FA. Setelah sembilan tahun tanpa meraih trofi, sempat ada tekanan besar di bahu tim ini," sahut Cazorla.

"Perubahan semangat itu tampak di Community Shield. Tim ini bermain dengan perasaan lebih rileks karena kemenangan kami di Piala FA telah melepaskan tekanan," lanjutnya.

"Kami hanya perlu percaya dengan diri kami. Jika ada sesuatu yang kurang dari kami selama sembilan tahun tersebut, itu adalah keyakinan diri. Sekali Anda berhasil mengangkat titel, maka Anda merasa bisa melakukannya lagi," imbuh gelandang Spanyol ini.

Maka kini Arsenal pun bertekad meraih titel Premier League, kendati persaingannya diakui sangat sengit. Setidaknya empat tim bakal jadi rival Arsenal mengejar gelar juara.

"Manchester United akan jadi lawan tangguh karena mereka tidak punya laga Eropa, jadi ini akan mirip dengan kasus Liverpool tahun lalu. Anda juga harus selalu mempertimbangkan Chelsea karena mereka punya Jose Mourinho dan sekaligus para pemain yang telah mereka datangkan. Mereka akan jadi rival berbahaya," ujar Cazorla.

"Manchester City telah memenangi dua gelar dalam tiga tahun terakhir dan itu membuat mereka jadi favorit, sementara Liverpool terus berkembang. Itulah sisi menarik liga ini, sangat kompetitif dan ada banyak tim dengan ambisi titel. Hal terpentingnya adalah bahwa kami berada di antara mereka," demikian dia.

Arsenal akan memulai kiprahnya di liga musim ini dengan menjamu Crystal Palace di Emirates Stadium, Sabtu (16/8/2014) malam WIB nanti.