Meski timnya harus menelan kekalahan di laga perdana Premier League musim ini, pelatih Manchester United, Louis van Gaal tampaknya tidak akan banyak mengubah komposisi pemain. Hal tersebut dapat dilihat, saat ia mengatakan kerjasama tim jauh lebih penting dari pada nama besar pemain.


Manchester United (Foto: Reuters)

Ditunjuk untuk mengambil tongkat estafet kepelatihan yang ditinggalkan David Moyes akhir musim lalu, kepemimpinan Van Gaal dalam laga pramusim banyak menuai pujian dan optimisme. Menyusul rentetan kemenangan yang berhasil diraih Setan Merah.

Namun, seakan kehilangan sentuhannya United harus menerima kekalahan 2-1 atas Swansea City di laga pembuka Premier League musim 2014-2015. Kondisi tersebut disinyalir lantaran The Red Devils belum merekrut pemain bintang, meski begitu Van Gaal kembali menegaskan kerja sama tim adalah hal paling utama.

”Jika saya ingin membuat tim juara, saya harus memastikan setiap individu dilatih dengan cara yang sempurna!,” tegas Van Gaal, seperti diberitakan Soccerway, Kamis (21/8/2014).

“Jadi, saya menghabiskan lebih banyak waktu pada perbaikan individu dari pada perbaikan tim. Semua perbaikan individu akan menentukan tingkat keberhasilan tim,” tambahnya.

“Inilah sebabnya kenapa saya tidak percaya pada satu pemain kelas dunia di dalam tim (United). Saya tidak akan pernah membangun sebuah tim hanya dengan satu pemain kelas dunia, itu bisa menyebabkan bencana. Apa yang terjadi ketika satu pemain cedera? Itu berarti tim akan runtuh, karena mereka tidak bisa melakukan tanpa dia,” jelas Van Gaal.