Tim nasional Indonesia U-19 kembali menuai hasil tak memuaskan di turnamen Hassanal Bolkiah Trophy ke-5, Senin (11/8) malam, di Stadion Nasional. Di mana tim racikan pelatih Indra Sjafri menerima kekalahan 3-1 dari tuan rumah Brunei Darussalam U-21.

Adi Said yang berusia 24 tahun menjadi bintang yang menakutkan bagi Indonesia. Striker nyentrik nan agresif itu memberi pelajaran berharga kepada pertahanan Indonesia yang di laga ini digalang Hansamu Yama dan Shahrul Kurniawan.

Babak Pertama

Indonesia harus menerima gol cepat akibat kesalahan pemain belakang Shahrul Kurniawan, striker Brunei Adi Said tampil agresif dan mampu mencuri bola untuk melepaskannya ke gawang yang dikawal Ravi Murdianto. Menit kesembilan Indonesia tertinggal 1-0.

Kendati memegang penguasaan bola tim tamu tak bisa berbuat banyak. Evan Dimas dan kolega cenderung lebih intens melepaskan sepakkan jarak jauh yang terus-menerus gagal menemui sasaran.

Sedangkan Brunei tampil lepas dalam melancarkan serangan balik yang kerap membuat Indonesia kelimpungan. Duet lini belakang Hansamu Yama dan Shahrul direpotkan pergerakan dari Adi Said. Bomber dengan rambut nyentrik itu pun menambah golnya pada menit ke-37.

Jelang babak pertama usai, Adi Said kembali mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini dengan cerdik ia lepas dari kawalan untuk menguji Ravi dengan tendangan lambung ke sisi kanan dan Ravi pun keok. Skor 3-0 pun menutup 45' menit pertama.

Babak Kedua

Seperti yang dikira, Garuda Jaya mencoba mengejar ketertinggalan mereka di babak kedua dengan bermain lebih ngotot dan menekan. Pergerakan Ilham Udin Armaiyn dan Maldini jadi andalan, seperti biasanya. Namun tuan rumah sendiri kokoh membangun pertahanan rapat.

Penjaga gawang Brunei, Azman Ilham, tampil bagus di laga ini. Beberapa penyelamatannya terhadap tendangan Hargianto hingga Paulo Sitanggang membuat frustrasi kubu Indonesia.

Gol pun akhirnya lahir di menit ke-74 lewat kaki Ilham Udin. Dimas Drajat yang baru masuk tiga menit sebelumnya gantikan Muchlis Hadi melakukan umpan tumit yang mampu di tap-in dengan cermat oleh Ilham. 3-1 Indonesia mengejar.

Tekanan terus dilancarkan, tetapi pemain yang disiplin dari lawan membuat Indonesia juga kesulitan. Bahkan, di menit-menit akhir Brunei mampu membombardir gawang Indonesia lewat serangan balik. Beruntung tendangan terakhir dari Suhaimi melambung.

Usaha Indonesia pun tetap tak menghasilkan gol tambahan hingga menit akhir. Skor 3-1 menjadi catatan kurang positif tim Merah-Putih untuk kali kedua setelah sebelumnya bermain imbang tanpa gol dengan Malaysia U-21 di ajang HBT ke-5 ini.

POSTED : BANDAR BOLA