Bomber gaek asal Kamerun, Samuel Eto’o pernah berdebat dengan eks manajer-nya saat membela Chelsea musim lalu, Jose ‘The Special One’ Mourinho. Saat itu Eto’o dikatakan tua oleh Mou, dan ia pun membalasnya dengan ucapan ‘bodoh’ dan ‘boneka’. Namun semua itu tak lebih masa lalu untuk Eto’o, karena ia telah melupakannya kini.


Samuel Eto'o (Foto: Akun twitter resmi Everton)

Bergabung dengan Everton, Eto’o justru mengucapkan terima kasih kepada Mou yang menariknya ke Premier League, sehingga ia diterima di liga terbaik dunia tersebut. Penyerang berusia 33 tahun itu pun, dapat saja memulai debutnya langsung melawan The Blues akhir pekan ini (30/8/2014).

“Satu-satunya hal yang ingin saya katakana kepada Jose, adalah terima kasih. Karenanya, saya memiliki kesempatan untuk diterima dan berintegrasi dengan Premier League dan saya ingin mengucapkan terima kasih untuk itu,” ucap Eto’o seperti diwartakan Goal, Kamis (28/8/2014).

“Saya tidak sepenuhnya peduli, bahwa debut saya melawan tim lama saya. Hal terpenting, adalah berintegrasi dengan rekan-rekan baru saya, dengan cara bermain dan bersiap untuk bertanding. Jika saya tak dilibatkan, penting halnya untuk menyiapkan diri,” lanjutnya.

Eto’o yang banyak meraih trofi bersama Barcelona dan Inter Milan ini juga sejatinya mendapatkan banyak tawaran dari klub lain, ketika meninggalkan Stamford Bridge. Namun keberadaan sosok Roberto Martinez sebagai manajer Everton, mengesankan Eto’o.

“10 hari terakhir saya banyak melakukan perjalan dan berbicara dengan beberapa manajer. Saya hampir mendekati akhir karier, dan ingin berkontribusi untuk tim yang menghargai saya. Selama perjalanan tersebut, orang yang paling menginspirasi dan berkata kontribusi saya akan sangat berharga, adalah Roberto (Martinez),” terangnya.