Pada bursa transfer musim panas ini, Manchester United adalah salah satu klub yang paling disorot karena giat beraktifitas mendatangkan pemain. Tak hanya menambah kekuatan tim, United juga melepas beberapa pemainnya.


Tom Cleverley dipinjam Aston Villa untuk semusim penuh (Foto: REUTERS)

Ada yang datang, ada pula yang pergi. Usai mendatangkan enam pemain top, dari Ander Herrera (Athletic Bilbao), Luke Shaw (Southampton), Marcos Rojo (Sporting Lisbon), Angel di Maria (Real Madrid), Daley Blind (Ajax Amsterdam), dan Radamel Falcao (AS Monaco).

Setan Merah melepas Danny Wellbeck (Arsenal), Shinji Kagawa (Borussia Dortmund), Javier ‘Chicharito’ Hernandez (Real Madrid), Nick Powell (Leicester City), Wilfried Zaha (Crsytal Palace), Michael Keane (Burnley), Nani (Sporting Lisbon), Angelo Henriquez (Dinamo Zagreb), dan Tom Cleverley yang baru saja dipinjam Aston Villa selama semusim penuh.

Eksodus beberapa pemain United tersebut memang tidak semuanya pergi dengan status permanen, melainkan ‘disekolahkan’ atau dipinjam. Pun sama berlaku untuk Cleverley yang kini berusia 25 tahun, situs resmi Aston Villa (2/9/2014), telah mengkonfirmasi peminjaman gelandang berpaspor Inggris tersebut.

Di Villa, Cleverley akan ditangani oleh Paul Lambert, dan berpotensi memulai debutnya, saat melawan Liverpool di laga Premier League berikutnya. Cleverley sejatinya santer dihubungkan dengan Everton, dan Hull City, namun Lambert berhasil unggul dari kedua klub tersebut.

Performa Cleverley sejak dilatih tiga manajer berbeda, mulai dari Sir Alex Ferguson, David Moyes, hingga Louis van Gaal, memang tidak konsisten dan acapkali menuai kritik. Pencetak total lima gol dan delapan assist dari 79 penampilannya bersama United ini pun, sempat memperkuat Timnas Inggris senior sebanyak 13 pertandingan.