Radamel Falcao adalah episode mengejutkan dari rangkaian cerita transfer Manchester United di bursa transfer musim panas 2014. Datang di saat-saat terakhir bursa, Falcao akhirnya resmi berseragam United dengan nomor punggung 9. Penyerang Kolombia berusia 28 tahun itu akan merumput di Old Trafford selama semusim dengan status pinjaman dari AS Monaco.


Falcao. (Foto: Reuters/Stephane Mahe)

Bagi Anda fans Manchester United dan penggemar Falcao, ada fakta-fakta soal bomber Kolombia itu yang mesti diketahui. Berikut daftarnya, mengutip dari FTB Pro, Kamis (9/4/0214):

1. Memulai karier profesionalnya di usia 13 tahun

Jika kebanyakan pemain sepakbola Eropa memulai karier profesionalnya di usia 18 tahun, Falcao sudah start lima tahun lebih awal.

Pria kelahiran 10 Februari 1986 itu menjadi pemain profesional di usia 13 tahun 199 hari saat menjadi pemain di klub divisi dua Kolombia, Lanceros Boyaca. 10 tahun kemudian, tepatnya pada 2009, Falcao diboyong ke Eropa oleh FC Porto dari klub Argentina, River Plate.

2. Baru satu musim main di Liga Champions

Dengan reputasinya sebagai bomber menakutkan di depan gawang, Falcao ternyata baru satu musim merasakan atmosfer Liga Champions. Saat itu, musim 2009-2010, Falcao membela FC Porto dan ikut membawa klub Portugal tersebut menembus babak 16 besar hingga dihentikan Arsenal. Falcao mencetak empat gol di musim pertamanya bermain di Liga Champions.

3. Mencetak rekor gol di kompetisi Eropa musim 2010-2011

Falcao mencetak 25 gol dari 28 penampilan di Liga Portugal saat menjalani musim perdananya bersama FC Porto. Musim berikutnya, di edisi 2010-2011, Falcao membuat 16 gol di liga domestik dan 17 gol di Liga Europa sekaligus membawa FC Porto juara kompetisi kasta kedua untuk klub Eropa setelah mengalahkan Braga di partai final.

Pemain yang lahir di Santa Marta itu menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah di kompetisi klub-klub Eropa. Rekor Falcao baru disamai bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo di Liga Champions musim 2013-2014.

4. Lebih subur dari Robin van Persie

Sejak bermain untuk klub Argentina, River Plate, di 2005 silam, Falcao sudah membobol gawang lawan sebanyak 200 kali dari 305 penampilan.

Malah sejak 2011 lalu, Falcao mencetak 63 gol dari 88 pertandingan atau satu gol setiap 117 menit. Catatan Falcao lebih superior dari Robin van Persie yang membuat 68 gol tapi dari jumlah pertandingan yang lebih banyak, yaitu 99 laga.

5. Menerima gelar Pahlawan Nasional Kolombia

Radamel Falcao adalah sedikit orang sipil yang menerima bintang jasa tertinggi, yang biasanya diberikan untuk prajurit militer. Falcao dianugerahi gelar Pahlawan Nasional saat menerima bintang 'Order of Boyaca' dari pemerintah Kolombia pada 2011 lalu.

Eksistensinya di dunia olahraga, terutama sepakbola membuat nama Kolombia kembali berkibar di Eropa dan dunia. Sejak generasi emas sepakbola Kolombia yang berkiprah di era 1990-an, seperti Carlos Valderrama, Fredy Rincon dan kiper eksentrik, Rene Higuita pensiun, tidak ada lagi bintang Kolombia yang memiliki prestasi dan popularitas signifikan selain Falcao.