Sempat berseragam Arsenal dan bahkan dipercaya menjadi kapten klub asal London Utara itu, membuat keputusan Cesc Fabregas untuk hengkang ke Chelsea dianggap mengejutkan. Namun, pemain berusia 27 tahun itu memiliki alasan yang cukup kuat dalam mengambil langkah tersebut.


Cesc Fabregas (Kiri) Saat Memperkuat Chelsea Berhadapan Melawan Real Sociedad Pada Laga Persahabatan Pramusim (Foto: Reuters)

Tiga musim setelah meninggalkan Arsenal, Fabregas memilih untuk kembali merumput di Premier League. Akan tetapi, tujuannya kali ini bukan ke Emirates Stadium – kandang Arsenal–, pemain Timnas Spanyol itu justru bergabung bersama rival mantan klubnya, yakni Chelsea.

Setelah tujuh musim berseragam dan bahkan sempat menjabat menjadi kapten di klub asuhan Arsene Wenger itu, menerima pinangan Chelsea bukan hal yang mudah untuk Fabregas. Tetapi, terdapat beberapa faktor yang membuat ia memutuskan untuk bergabung bersama klub berjuluk The Blues itu.

“Jika Anda mengatakan kepada saya lima tahun yang lalu saya akan bermain untuk Chelsea dan (Jose) Mourinho, saya tidak akan pernah mempercayai Anda. Saya mulai berpikir untuk meninggalkan Barcelona setelah final Copa del Rey. Pada saat itulah awal saya berpikir bahwa waktunya sudah selesai (berseragam Barca), bahwa akan ada perubahan dan saya tidak ingin melanjutkan,” jelas Fabrgeas, kepada Football Espana, Selasa (9/9/2014).

Saat ia memutuskan untuk meninggalkan Barca, di saat itulah Fabregas mendapatkan tawaran dari Chelsea. Setelah sempat berdiskusi dengan Mourinho, ia merasa bahwa di klub asal London Barat itulah dirinya akan merasa dibutuhkan dan dihargai.

“Saya berbicara dengan agen serta meminta ia mencarikan klub baru untuk saya, dan tawaran pun datang dari Chelsea. Bagi saya itu berarti kembali ke London, tempat di mana saya tumbuh dan berkembang. Tidak ada tempat yang lebih baik lagi selain di kota itu,” sambung pemain yang merumput bersama Arsenal periode 2003 hingga 2011 itu.

“Saya telah berdiskusi dengan Mourinho dan dia mengatakan kepada saya tentang hal-hal yang perlu saya tahu. Saya merasa berharga, saya merasa akan menjadi bagian penting dalam sebuah proyek yang fantastis,” tutupnya.