Cerita Arsenal di tiga pertandingan awal Premier League 2014-2015 tak selalu berjalan mulus. Tim arahan Arsene Wenger itu beru mengoleksi lima poin dari kemungkinan sembilan poin.

Walau belum terkalahkan, dua hasil seri dari tiga laga bukanlah sebuah catatan bagus bagi klub asal London itu. Apalagi target The Gunners musim ini menjadi kampiun Premier League, di mana mereka harus meraup poin maksimal di setiap partainya. Menurut situs footballfriendsonline ada lima pemain yang akan menjadi tumpuan The Gunners untuk meraih mahkota Premier League 2014-2015, berikut kelimanya:


Arsenal (Foto: Reuters)

1. Aaron Ramsey
Peran Aaron Ramsey menjaga keseimbangan tim pada pola 4-2-3-1 yang digunakan Arsene Wenger sangat sentral. Pria asal Wales itu tak canggung diduetkan baik dengan Jack Wilshere dan Mikel Arteta. Bahkan seiring permainan solidnya pada musim lalu sempat mengantarkan The Gunners ke posisi puncak Premier League untuk beberapa pekan, sebelum Ramsey absen panjang akibat mengalami cedera otot paha.

Pada awal musim ini pun demikian, pria berusia 23 tahun itu telah menunjukkan kualitasnya dan telah mencetak dua gol dari tiga pertandingan. Tenaga Ramsey akan dibutuhkan oleh Wenger sepanjang musim ini. Selain piawa menjaga keseimbangan tim, Ramsey juga memiliki intuisi yang baik dalam meciptakan peluang dan mencetak gol.

2. Per Mertesacker
Saat ini Arsenal hanya memiliki dua bek tengah kelas dunia, salah satunya adalah Per Mertesacker. Bersama dengan Laurent Koscielny, Mertesacker selalu menjadi tumpuan Wenger untuk membentengi pertahanan The Gunners.

Walau ia tak memiliki kecepatan berlari yang baik, bek asal Jerman ini memiliki keunggulan dalam melakukan marking dan tekel dengan sama baiknya. Dalam tiga pertandingan awal musim ini, Mertesacker telah membuktikan memerankan tugasnya dengan baik. Apalagi ini adalah musim keempatnya bersama Arsenal dan diharapkan menjadi sentral komando tiga rekannya di lini pertahanan The Gunners sepanjang musim 2014-2015.

3. Danny Welbeck
Danny Welbck datang ke Emirates Stadium dengan harga 16 juta pounds di ujung bursa transfer musim panas ini. Banyak pihak yang menilai langkah Wenger keliru dalam memilihnya sebagai pengganti Olivier Giroud yang cedera hingga tahun baru nanti.

Akan tetapi Welbeck telah mengirim sinyal positif kepada Wenger akhir pekan lalu. Dua gol kemenangan tim nasional Inggris atas Swiss tercipta dari dirinya. Di Arsenal, penyerang berusia 23 tahun itu akan mendapat kesempatan lebih banyak bermain sebagai penyerang tengah ketimbang saat dirinya berada di Old Trafford. Kecepatan dan kemampuan bekerjasama dengan rekan satu tim menjadi hal yang diharapkan oleh Wenger kepadanya. Statistik mencetak satu gol dari sembilan pertandingan miliknya diprediksikan akan membaik musim ini.

4. Alexis Sanchez
Alexis Sanchez kini tengah berhasrat membuktikan kapasitasnya sebagai pemain kelas atas. Ia ingin membuktikan keputusan Barcelona melepasnya untuk memberikan ruang kepada Luis Suarez adalah keliru. Sanchez dapat bermain di berbagai posisi di lini depan, mencetak gol, dan memberikan assist adalah salah satu keunggulannya.

Selain itu, dirinya memiliki kecepatan dan ketahanan fisik untuk bersinar di Premier League. Jika menilik tiga pertandingan awal, ada kecendrungan Wenger memberikan free role kepada pemain bintang barunya itu. Mahar sebesar 42 juta Euro menjadi tantangan untuk Sanchez membuktikan dirinya kepada publik Emirates Stadium.

5. Mesut Özil
Musim 2014-2015 adalah musim kedua Ozil berkostum Arsenal. Musim king of assist di Emirates Stadium tak berjalan mulu, kurangnya mobilitas Ozil di atas lapangan membuat beberapa pihak melebelinya dengan pemain malas.

Pihak klub tentu saja menuntut banyak kepadanya, apalagi Ozil merupakan pemain termahal Arsenal yang didatangkan dari Madrid seharga 50 juta Euro. Untuk membayar kepercayaan fans dan klub, playmaker internasional Jerman itu harus meningkatkan kontribusinya pada musim ini.