Pelatih Manchester United, Louis van Gaal mengungkapkan alasan mengapa dirinya melepas salah satu Mancunian yang tersisa di Old Trafford ke Emirates Stadium. Bagi Van Gaal, produktivitas Danny Welbeck menjadi alasan utama ia menjualnya.


Danny Welbeck (Foto: Reuters)

Seperti diketahui, Welbeck bergabung dengan The Gunners dengan mahar 16 juta Pounds di akhir bursa transfer musim panas. Van Gaal lebih memilih mendatangkan Radamel Falcao ketimbang mengembangkan pemain asli kota Manchester itu.

Alasan eks pelatih Barcelona melepas Welbeck adalah rasio golnya yang hanya mencetak satu gol setiap sembilan laga. Lantas keputusan Van Gaal menuai kritik dari beberapa mantan pemain United seperti Rio Ferdinand, Paul Scholes, dan Gary Neville.

“Dia (Welbeck) telah bermain tiga musim untuk tim utama. Tetapi tidak memiliki rekor gol memuaskan seperti Robin van Persie atau Wayne Rooney dan itu adalah standar saya,” ucap Van Gaal, seperti dikutip oleh Soccerway, Jumat (12/9/2014).

“Itulah mengapa kami melepasnya, kami memiliki Falcao dan ada beberapa pemain muda yang bisa dimasukan ke dalam tim. Itu adalah kebijakan saya dan itu mengapa saya berada di sini (melatih United),” tambahnya.

Welbeck sendiri telah membuktikan ketajamanannya saat membela tim nasional Inggris pada babak kualifikasi Euro 2016. Striker berusia 23 tahun itu memborong dua gol kemenangan The Three Lions atas Swiss yang berakhir 2-0.

Sebagai informasi, Welbeck telah mencetak 30 gol dalam 145 kali kesempatan bermain di seluruh kompetisi bersama Setan Merah.