Diego Costa tampil cemerlang dengan mencetak hattrick saat Chelsea menaklukkan Swansea City 4-2 dalam laga pekan keempat Premier League di Stamford Bridge, Sabtu (13/9/2014) malam WIB.

Raihan tiga poin ini membuat Chelsea kokoh di puncak klasemen sementara Premier League dengan poin 12 dari empat laga. Sementara itu, Swansea membuntuti di posisi kedua dengan poin sembilan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Chelsea langsung menyerang di awal babak pertama ini. Bermula Branislav Ivanovic melakukan serangan dari sisi kanan dan memberi umpan ke kotak penalti namun gagal digapai Andre Schurrle. Kapten Swansea Ashley Williams sukses membuang bola.

Berbalik Swansea yang menyerang, Jonjo Shelvey coba mendorong bola menerobos benteng Chelsea ke arah Wayne Routledge, namun Ivanovic membaca serangan dengan melakukan intersepsi. Beberapa saat kemudian Swansea memberikan bola pada Neil Taylor di sisi kiri namun bola terbuang sia-sia. Belum ada gol hingga menit ke-10.

Swansea sukses menjebol gawang Thibaut Courtois semenit kemudian. Berawal dari Ki Sung-Yeung yang membelah pertahanan The Blues dan dengan akurasi tinggi memberikan bola pada Taylor di sisi kiri. Kali ini sang bek kiri melepaskan umpan berbahaya mendatar dan tanpa sengaja John Terry memotong bola sehingga bola masuk ke gawang sendiri. Gol bunuh diri Terry membuka keunggulan 1-0 untuk Swansea.

Swansea terlihat mengendalikan pertandingan setelah berhasil mengungguli Chelsea, pasukan Garry Monk terus menambah tekanan bagi tuan rumah.

Terry Nampak berjuang keras menebus kesalahan di menit ke-20. Ia berduel dengan Jordi Amat saat mencoba menyambut umpan tendangan bebas Cesc Fabregas dari sisi kanan. Tapi sundulannya hanya melintas di atas mistar Lukasz Fabianski.

Swansea selalu terlihat berbahaya setiap menguasai bola. Nathan Dyer bergerak dari sisi kiri sebelum tembakannya diblok Terry. Chelsea membalas melalui Ivanovic di sisi kanan tetapi crossingnya gagal disempurnakan Oscar. Hingga menit ke-36 skor masih 1-0 untuk The Swans.

Jelang lima menit akhir turun minum Eden Hazard, Oscar dan Schurrle tancap gas untuk membuka peluang bagi Diego Costa. Tetapi lini belakang Swansea masih cukup rapi dan Fabianski beberapa kali bisa mematahkan tembakan yang mengarah ke gawangnya.

Memasuki menit terakhir babak pertama, upaya Chelsea sukses berbuah gol penyama kedudukan. Dari sepak pojok, umpan Fabregas berhasil ditanduk Costa dan masuk ke gawang. Babak pertama pun usai dengan skor 1-1.


Babak Kedua
Pressing dari Chelsea makin ketat di babak kedua ini. Aksi individu menawan diperlihatkan Ivanovic saat melewati hadangan Taylor dan memberikan bola pada Oscar. Tapi Ashley Williams membaca serangan dengan baik dan mengenyahkan bahaya.

Costa mencetak gol kedua di menit ke-56. Di awali kerja sama umpan satu dua Fabregas dengan Hazard di sisi kiri, Fabregas sukses menusuk ke kotak penalti dan menyodorkan umpan silang mendatar ke Costa di depan gawang. Dengan sontekan ringan, mantan pemain Atletico Madrid itupun mengarahkan bola ke dalam gawang.

Chelsea kemudian mendapatkan dua ancaman berturut-turut pada menit ke-62 dan 63. Shelvey lebih dulu menebar bahaya lewat tendangan jarak jauh, tapi masih melenceng ke kanan. Gomis menyusul kemudian dengan tendangan mendatar yang masih bisa diantisipasi oleh Courtois.

Costa mencetak gol ketiganya dalam pertandingan ini di menit ke-67. Sepakan pelan dari Ramires direspons dengan cemerlang oleh Costa yang membelokkan bola masuk ke gawang. Dua bek Swansea gagal membaca pergerakan Costa.

Chelsea Kembali menambah perolehan golnya di menit ke-81. Diawali tusukan Hazard ke sisi kanan, bola kemudian diumpan ke Oscar yang tanpa berlama-lama meneruskannya ke Loic Remy di sisi kirinya di dalam kotak penalti. Bola disambar tendangan keras dan tak mampu dihentikan Fabianski.

Swansea berhasil memperkecil kedudukan pada menit ke-87 melalui gol Shelvey. Akan tetapi, gol tersebut tidak mampu menyelamatkan Swansea karena skor 4-2 untuk Chelsea tetap bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:
Chelsea: Thibaut Courtois, Branislav Ivanovic, Gary Cahill, John Terry, Cesar Azpilicueta, Cesc Fabregas (Mohamed Salah 82’), Oscar, Eden Hazard, Andre Schurrle (Ramires 46’), Nemanja Matic, Diego Costa (Loďc Remy 72’)

Swansea: Lukasz Fabianski, Jordi Amat (Federico Fernández 46’), Neil Taylor, Ashley Williams, Angel Rangel, Ki Sung-Yeung, Jonjo Shelvey, Nathan Dyer, Wayne Routledge (Jefferson Antonio Montero 66’), Gylfi Sigurdsson, Bafetimbi Gomis (Wilfried Bony 76’).


Hasil Pertandingan Premier League Lainnya:

Arsenal 2-2 Manchester City

Southampton 4-0 Newcastle United

Stoke City 0-1 Leicester City

Sunderland 2-2 Tottenham Hotspur

West Bromwich Albion 0-2 Everton




SUMBER