Keputusan belanja besar-besaran yang dilakukan Manchester United mulai dipertanyakan dan menuai kritik. Kali ini legenda sepakbola Belanda, Ruut Gullit, yang mengganggap pelatih Setan Merah itu hanya membuang-buang anggaran transfer yang disediakan pihak klub.

Faktanya, sejak dipercaya mengambil alih kursi kepelatihan di Old Trafford, Van Gaal telah menghabiskan 150 juta pound untuk merekrut sejumlah pemain kelas dunia. Namun, pelatih 63 tahun itu hanya memperkuat di lini serang permainan tim.

Padahal Van Gaal tahu, United telah kehilangan sejumlah penjaga jantung pertahanan. Sebut saja Rio Ferdiand, Nemanja Vidic dan Patrice Evra. Namun, sang meneer hanya melapis kepergian ketiga pemain berpengalaman itu dengan Luke Shaw dan Mascos Rojo.

“Bagaimana mungkin bahwa seorang pelatih yang berpengalaman dan sukses seperti dia (Van Gaal), berpikir bisa memulai musim di Manchester United tanpa membeli beberapa bek tengah yang benar-benar kuat,” kata Gullit, seperti diwartakan Sportsmole, Minggu (28/9/2014).

Lebih lanjut, kondisi tersebut sempat menimbulkan spekulasi terkait keputusan merekrut pemain di jendela transfer musim panas lalu. Bahkan, disebut-sebut transfer yang dilakukan United merupakan kesalahan fatal.

”Saya masih kaget dengan transfer yang dilakukannya. Jika Anda hanya memperkuat lini tengah dan serangan saja, Anda meremehkan level permainan dan kekuatan Premier League,” sambungnya.

”Jika Anda ingin bertahan di papan atas sepakbola Inggris, Anda harus memulai dari dasar dan kemudian Anda membangun atap rumah Anda. Namun, Van Gaal telah melakukan sebaliknya,” tutup Gullit.