Pelatih Arsene Wenger mengatakan bahwa Kieran Gibbs memiliki kemiripan dengan mantan bintang Meriam London yang kini bermain untuk AS Roma, Ashley Cole. Sang Profesor juga mengungkapkan bahwa alasannya melepas Gal Clichy tak lain untuk mengembangkan potensi emas Gibbs.


Salah satu penampilan Kieran Gibbs. (Foto: Reuters)

Sebagai catatan, Clichy berlabuh di Etihad Stadium pada musim 2011 usai membela Arsenal selama delapan musim (20032011). Selepas keduanya pergi, Wenger pun memercayakan posisi bek kiri untuk Gibbs.

Menurut saya, Kieran berhasil menaikkan level permainan menjadi lebih tinggi, dan ia menyadari bisa percaya dengan tubuh dan kemampuannya. Saya membiarkan Gal Clichy pergi karena ia masih muda. Tetapi, alasan utama saya membiarkan Clichy pergi karena saya ingin memberikan Gibbs kesempatan, ungkap Wenger, seperti dilansir Sportsmole.

Ia memiliki potensi yang besar, ia juga memiliki dribble yang baik karena ketika datang ke klub saat berusia 16 tahun, ia seorang pemain sayap, gelandang, dan saya melihat bahwa di posisi tersebut kemampuannya tidak keluar, sambungnya.

Saya melihat kecerdasannya dan mungkin saya melihat perubahannya menjadi seorang pemain bertahan. Dia sedikit terlihat seperti Ashley Cole. Kami selalu berusaha untuk membuatnya percaya diri, lanjutnya.

Gibbs masuk skuad inti musim 2007, namun sempat dipinjamkan ke Norwich City selama semusim. Sejauh ini pemain internasional Inggris tersebut telah tampil di 92 laga dengan torehan satu gol.