Jose Mourinho kerap dit****g memainkan taktik negatif kala menjalani laga-laga besar dan itu membuatnya mendapatkan sorotan yang negatif pula. Namun, menurut Jamie Carragher, Mourinho justru merupakan sosok pelatih yang pintar.

Ambil contoh ketika Chelsea sukses menang atas Liverpool di Anfield musim lalu. Pada laga tersebut, Mourinho mendapatkan sorotan lantaran memarkir sebuah bus besar di pertahanan Chelsea. The Blues bertahan total di laga tersebut dan hanya mengandalkan serangan balik.



Tapi, Carragher menilai bahwa itu menunjukkan kejeniusan Mourinho. Eks bek Liverpool yang kini jadi penganalisis pertandingan untuk Sky Sports itu menyebut, Mourinho adalah tipe manajer yang adaptif terhadap taktik dan strategi.

Mourinho tidak punya satu taktik atau strategi yang saklek. Dia akan selalu mengubahnya sesuai dengan lawan yang dihadapi --dan itu, menurut Carragher, adalah sesuatu yang menunjukkan Mourinho adalah orang yang amat pintar.

"Saya pikir, bukan sebuah hal yang negatif ketika Mourinho mengandalkan serangan balik di beberapa laga," ujar Carragher.

"Dia akan menggunakan taktik yang dia pikir punya kans paling besar memenangkan timnya. Itu namanya pintar, bukan negatif," kata Carragher.

Akhir pekan ini, Minggu (5/10/2014), Chelsea akan menjamu Arsenal. Jika Mourinho adalah sosok yang fleksibel, Carragher menilai manajer Arsenal, Arsene Wenger, justru sebaliknya.

"Saya pikir Wenger tidak akan memainkan hal berbeda, saya rasa itu bukan gayanya. Mungkin akan bermanfaat jika dia sedikit bermain-main dengan sejumlah hal, tapi saya tidak melihat hal itu pernah terjadi," kata Carragher.