Ketua Eksekutif Arsenal, Ivan Gazidis membeberkan seberapa pentingnya sosok Arsene Wenger untuk Meriam London. Menurut Gazidis, pria asal Prancis itu memiliki peran vital dalam mengembangkan klub selama hampir dua dekade.

Karena alasan itulah, Gazidis tetap mempertahankan Wenger yang kini sudah berusia 64 tahun itu. Gazidis juga menyarankan para fans untuk bersabar dan tak terpancing emosi -mendesak pihak klub untuk mencari pelatih baru.

Bagi pria berusia 50 tahun itu, klub justru akan mengalami kesulitan apabila Wenger pergi. Seperti yang dialami Manchester United yang ditinggal pensiun Sir Alex Ferguson. Di mana jawara Premier League dua musim lalu itu mengalami kesulitan masa transisi, sekalipun ditukangi pelatih dengan nama besar macam Louis van Gaal.

"Ada banyak perhatian kepada klub ini yang menekankan ketergantungan kami kepada sosok individual, bisa dimengerti karena Arsenal memiliki sosok luar biasa sebagai manajer. Arsene adalah pengemudi yang fantastis dan berhasil membawa klub ini berada pada posisi yang benar-benar hebat," tutur Gazidis seperti dilansir situs resmi klub, Rabu (15/10/2014).

"Tantangan terbesar yang akan dihadapi klub adalah nanti saat menjalani masa transisi kepelatihan dari Arsene ke pelatih baru. Saya tidak tahu kapan itu akan terjadi, namun saya harap kami dapat melaluinya dengan baik," sambungnya.

Wenger berlabuh di Emirates Stadium dari Nagoya Grampus musim 1996 silam. Sempat diisukan akan meninggalkan klub asal London Utara, pihak manajemen justru memperpanjang kontraknya lantaran sukses mempersembahkan trofi FA Cup musim 2014 lalu, sekaligus trofi pertama usai puasa panjang, sembilan musim lamanya.

Satu-satunya pelatih terlama di Inggris itu juga telah mencatatkan laga ke-1000-nya bersama Arsenal dan telah menyumbangkan sederet trofi, di antaranya: Premier League (3), FA Cup (5), dan FA Community Shield (5).



SUMBER