Ke mana pijakan karier berikutnya buat Josep ‘Pep’ Guardiola di masa mendatang? Ternyata, jawabannya adalah venue ikonik di Inggris, Old Trafford, tempat Manchester United bermukim.

Ya, dalam biografi terbarunya bertajuk “Pep Confidential”, bekas pembesut Barcelona itu mendambakan pekerjaan baru mengasuh Setan Merah, selepas merampungkan tugasnya di Bayern Munich kelak.


Sebenarnya United bukan isu baru buat Pep. Pada 2012 silam ketika berkesempatan makan malam dengan Sir Alex Ferguson, Pep disebutkan akan jadi suksesor Sir Alex. Namun Pep memilih Bayern dan United saat itu, akhirnya menjatuhkan pilihan pada David Moyes.

“Saya suka dengan atmosfer Old Trafford. Saya bisa membayangkan diri saya melatih di sana suatu hari nanti,” tulis Pep dalam biografinya itu, sebagaimana disadur The Peoples Person, Kamis (16/10/2014).

Namun yang pasti hal itu takkan terjadi dalam waktu dekat. Apalagi sejauh ini, manajemen Bayern nampak puas dengan kinerja Pep selama jadi pewaris Jupp Heynckes. Salah satu faktor selain indeks prestasinya, adalah soal kemampuan Pep menarik perhatian para pemain top untuk berlabuh ke Bavaria.

“Pep pelatih yang sangat bagus. Dia bekerja dengan intensitas yang belum pernah saya lihat selama saya di sini,” timpal bos Bayern, Karl-Heinz Rummenigge.

“Kami beruntung memilikinya di Bayern. Saya memperhatikan ketika saya bicara pada para pemain. Dia faktor mengapa mereka ingin datang ke Bayern. Robert Lewandowski dan Mario Götze datang ke Bayern karena mereka ingin dilatihnya. Itu nilai plus buat kami,” tuntasnya.



SUMBER